Liga 1

Andai Persib Terdegradasi, 3 Pemain Ini Berpotensi Hengkang

Minggu, 5 November 2017 18:31 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Galih Prasetyo
© Arif Rahman/Indosport.com
Persib Bandung memilih fokus mempersiapkan diri menghadapi Bali United pada laga kandang Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (21/9/2017). Copyright: © Arif Rahman/Indosport.com
Persib Bandung memilih fokus mempersiapkan diri menghadapi Bali United pada laga kandang Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (21/9/2017).

Pasca bertanding kontra Persija pada Jumat (03/11/17) lalu, Persib kini dihantui ancaman terdegradasi ke Liga 2 setelah mereka memutuskan untuk walk out pada pertandingan tersebut.

Tak hanya dari faktor tersebut, Maung Bandung juga kini merosot ke posisi 12 papan klasemen sementara Liga 1 Indonesia musim 2017, dan bukan tidak mungkin 41 poin milik mereka akan tersusul oleh Persela Lamongan ataupun Sriwijaya FC yang berada di posisi 13 dan 14.

Liga 1 Indonesia musim 20017 ini bisa dikatakan musim yang buruk bagi Persib. Skuat yang biasanya berada di posisi 5 teratas di papam klasemen sementara tersebut kali ini harus puas dengan posisi 12 setelah hanya mampu menang di 9 pertandingan dan14 kali bermain imbang.

Ancaman terdegradasi karena posisi Maung Bandung berada di pos ke-12 harus ditambah dengan satu kasus saat mereka bertandang ke Stadion Manahan Solo Jumat (03/11/17) lalu untuk melakoni laga ke 32 Liga 1 Indonesia kontra Persija.

Chief Operation Officer PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalom Boboy, mengatakan jika Persib terancam dihukum dengan degradasi ke Liga 2 karena mereka melanggar regulasi Liga 1 Pasal 13 Ayat 1 b dan c tertulis, setiap klub dapat dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1 apabila:

b. Menolak untuk melanjutkan pertandingan di Liga 1; atau

c. Meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan yang dijalankan.

Jika pengawas pertandingan menyatakan Persib sudah melakukan walk out pada pertandingan tersebut, maka seluruh pertandingan yang sudah dijalani Persib dianggap tidak sah dan Persib diharuskan untuk membayar dan mengembalikan sejumlah uang kompensasi.

Jika Persib dinyatakan harus terdegradasi, bisa dipastikan Persib akan kehilangan sejumlah penggawanya. Karena para pemain tersebut mungkin tidak sudi jika talentanya harus terbuang sia-sia jika hanya digunakan untuk bertanding dengan klub yang kurang kompetitif.

Menilik hal tersebut, Indosport mencoba untuk merangkum beberapa pemain yang sekiranya akan hengkang dari Persib Bandung andai terdegradasi ke Liga 2.

951