Jersey Spanyol untuk Piala Dunia 2018 Tuai Kontroversi

Rabu, 8 November 2017 16:01 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Galih Prasetyo
© Twitter@adidasfootball
Alvaro Morata tampak bergaya saat dipotret untuk tampilan jersey baru Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2018. Copyright: © Twitter@adidasfootball
Alvaro Morata tampak bergaya saat dipotret untuk tampilan jersey baru Timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2018.

Jersey baru Tim Nasional (Timnas) Spanyol yang akan dikenakan untuk Piala Dunia 2018 nanti tengah menuai kontroversi. Pasalnya, jersey tersebut dikaitkan dengan bendera Republik Spanyol yang digunakan pada era 1930 silam.

Baju yang baru diluncurkan itu mempunyai warna dasar merah, dengan perpaduan warna kuning dan juga biru. Sayangnya, beberapa pihak menilai bahwa warna biru itu seperti warna ungu yang sama dengan bendera Republik Spanyol.

Sebagaimana diketahui, bendera yang digunakan sejak 1931 hingga 1939 itu mempunyai tiga warna dasar, yakni merah, kuning, dan juga ungu. Hingga saat ini, bendera tersebut masih digunakan oleh mereka yang menentang Kerajaan Spanyol.

© deviantart.com
Bendera Republik Spanyol Copyright: deviantart.comBendera Republik Spanyol.

Namun, pihak Adidas yang meluncurkan jersey itu menyanggah segala rumor terkait politik. Melansir USA Today (07/11/17), Adidas menyatakan bahwa tidak ada implikasi politik di jersey tersebut dan desain baju telah disepakati oleh Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) sejak lama.

"Desain saat ini mewakili keberanian dan kemarahan Tim Nasional kita, dengan grafis berlian merah, kuning, dan biru yang mewakili kualitas terbaik tim: kecepatan, energi, dan gaya permainan yang terkenal," bunyi pernyataan Adidas.

Selain itu, petinggi federasi juga menyatakan bahwa warna yang digunakan di jersey tidak ada kaitannya dengan bendera Republik Spanyol saat itu.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa desain jersey saat ini ditilik kembali pada baju yang dikenakan pada Piala Dunia 1994 silam dengan pola bagian samping yang memadukan tiga warna dan warna merah masih menjadi warna utama. Sementara celana mempunyai warna biru.

109