Kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018

Tantang Selandia Baru, Suporter Timnas Peru Tempuh Jarak 11.000 Kilometer

Rabu, 8 November 2017 12:29 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Timnas Peru. Copyright: © INDOSPORT
Timnas Peru.

36 tahun lamanya, suporter Peru menunggu Timnas mereka untuk kembali berlaga di kompetisi paling bergengsi di dunia sepakbola. Demi memastikan satu tempat di Rusia tahun depan, Timnas Peru akan mengikuti play off Kualifikasi Piala Dunia Antar Benua Tanggal 11 November nanti. 

Berdasarkan klasemen akhir kualifikasi masing-masing zona, Peru lolos mewakili zona Conmebol bertemu wakil dari Oseania, Selandia Baru. Ini ditentukan melaui alur yang ditetapkan FIFA. Zona Oseania (OFC) melawan Conmebol dan AFC berjumpa Concacaf. 

Jadi selain Peru dan Selandia Baru, Honduras dan Australia juga ikut memperebutkan tiket ke putaran final  Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. 

Tiket lolos ke Piala Dunia 2018 tersisa 9 lagi. Selain dua tiket diperebutkan dalam play-off OFC, AFC, Concacaf, dan Conmebol. masih ada 4 tiket lagi untuk jatah play off di UEFA, serta kualifikasi zona CAF (Afrika), yang sesuai jadwal akan selesai pada November ini.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Argentina vs Peru (Paolo Guerrero). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTArgentina vs Peru (Paolo Guerrero).

Pertandingan Peru kontra Selandia Baru berlangsung dua leg. Leg pertama berlangsung pada 11 November 2017 dan leg kedua pada 15 November 2017. Pemenang play off akan lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dari data statistik kedua Tim, tampaknya Timnas Peru lebih diunggulkan. Tercatat anak asuh Ricardo Gareca ini belum pernah terkalahkan dalam 8 laga terakhirnya, termasuk berhasil menahan imbang Lionel Messi dkk beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan Tuan Rumah, All Whites julukan Selandia Baru tercatat sudah 6 kali kalah di berbagai laga dan kompetisi, kemudian hanya berhasil menang sekali dan imbang melawan Kepulauan Solomon.

 

It's nearly 11,000 kilometres from Peru to New Zealand. These Peru fans are still hyped to welcome their heroes at the Auckland airport. 🇵🇪👌 (🎥 Twitter/andrewvoerman)

A post shared by Bleacher Report Football (@brfootball) on

Menarik ditunggu aksi para penggawa Peru menujukkan aksinya di kandang lawan. Sekaligus memperlihatkan kepada para suporter setia mereka yang rela datang dari jauh hanya untuk memastikan bahwa Jose Guerrero dkk bisa berlaga di Rusia 2018 nanti.