Disindir Timnas U-19 Minus Pemain Papua, Indra Sjafri Berikan Jawaban Berkelas

Rabu, 8 November 2017 18:36 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Joko Sedayu
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri angkat bicara soal nihilnya pemain asal Papua di skuatnya. Arsitek asal Sumatera Barat tersebut mengutarakan ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi wonderkid muda untuk menembus kesebelasan berjuluk Garuda Nusantara tersebut.

Dari personil yang dibawanya pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan lalu, Indra membawa 23 pemain. Dari daftar personil, tidak ada satupun nama yang berasal dari Papua.

Sebelumnya, tudingan miring datang dari juara Liga 1 U-19, Persipura Jayapura U-19. Selepas mengalahkan Persib Bandung di babak final Liga 1 U-19, Selasa (07/11/17) di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi. tim berjuluk Mutiara Hitam Muda itu mengkritisi pemilihan pemain Timnas U-19.

Mendengar suara miring itu, Indra memberikan sanggahan. Arsitek berusia 54 tahun itu menuturkan memiliki klasifikasi terhadap pemain yang dipanggil

"Kami ada kriteria, siapapun pelatihnya ada empat kriteria, yakni taktik, kemampuan taktikal, fisik dan mental," ujar Indra saat dihubungi wartawan.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Persipura Jayapura U-19 vs Persib Bandung U-19. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimPersipura Jayapura U-19 vs Persib Bandung U-19.

Selepas partai final Liga 1 U-19, Indra telah memiliki rencana untuk mengetes pemuda potensial asal Papua. Bahkan, eks pembesut Bali United tersebut sudah menjalin komunikasi dengan juru taktik Persipura U-19.

"Kemarin saya berkoordinasi dengan Coach Thomas dari Persipura. Untuk saya semua kegiatan sepakbola usia muda pasti saya perhatikan," pungkas Indra.

162