LIGA 1

Hasil Komdis: Umuh Muchtar Dihukum 6 Bulan Terusir dari Sepakbola Indonesia

Rabu, 8 November 2017 21:24 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Joko Sedayu
© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, dihukum 6 bulan larangan aktif dari sepakbola Indonesa. Sidang Komisi Disiplin (Komdis) ke-26 memutuskan sanksi itu.

Komdis menggelar sidang pada Selasa (07/11/17). Pokok pembahasan adalah partai pekan ke-33 Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia musim 2017 antara Persija Jakarta melawan Persib, di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/11/17).

Dalam rilisnya, Umuh dianggap mengajak pemain Maung Bandung, julukan Persib, untuk tidak melanjutkan pertandingan. Alhasil, Persib dianggap mogok bertanding pada partai itu.

Selain dihukum selama enam bulan, Umuh juga mendapat sanksi denda. Nominalnya mencapai Rp50 juta.

Dalam sidangnya, Komdis tidak melakukan gelar perkara terhadap dugaan pelanggaran regulasi pasal ke-13 oleh Persib. Ancamannya, Maung Bandung bakal terdegradasi.

“Regulasi itu ranahnya PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi. Hukuman (untuk Persib) belum diputuskan. Hasil sudah ada tapi perlu pendalaman. Kita akan kumpulkan bukti sebesar-besarnya dan sedalam-dalamnya," ujar Ketua Komdis, Asep Edwin Firdaus saat ditemui di Kantor PSSI, Selasa (07/11/17) malam WIB.

© Tribun Solo
Suasana laga Persija vs Persib. Copyright: Tribun SoloSuasana laga Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Manahan.

Menurut Asep, keputusan degradasi atau tidaknya Persib itu kewenangan PT LIB. Terlebih, Komdis belum mendapat laporan dari operator Gojek Traveloka Liga 1 tersebut.

"Kita belum mendengar keterangan PT LIB. Ada kode etik disiplin, ada regulasi. Regulasi wewenang PT LIB, termasuk pasal ke-13. Harus dibaca pasal 13, salah satunya mundur di lapangan," pungkas Asep.

150