Mengingat Kembali Jasa Umuh Muchtar untuk Persib Bandung

Kamis, 9 November 2017 14:35 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Irfan Fikri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Umuh Muchtar merupakan sosok yang secara tak langsung mampu membantu meningkatkan pamor Persib Bandung, baik dari dalam lapangan maupun di luar lapangan.

Umuh merupakan seorang bobotoh sejati, yang sangat mencintai Pangeran Biru sejak dahulu. Dirinya pun kerap kali menghadiri ke mana pun Persib bertanding. Hingga akhirnya ia diberikan jabatan di Persib pada 2008 silam.

Terhitung, Umuh pun sudah menghabiskan waktu kurang lebih 9 tahun bersama klub asal Bandung tersebut. Selama Umuh berada dalam manajemen Persib, dirinya pun memberikan kontribusi besar kepada Maung Bandung.

Bagaimana tidak, di bawah bimbingan pria 69 tahun ini, Persib menjelma sebagai salah satu tim disegani Tanah Air. Hal itu terjadi ketika Persib berhasil mencuri gelar Liga Super Indonesia 2014.

© ANTARAFOTO/Feny Selly
Caption Copyright: ANTARAFOTO/Feny SellyPersib juara ISL 2014.

Keberhasilan ini tentu tak akan dilupa oleh para Bobotoh. Pasalnya, gelar tersebut merupakan yang pertama bagi Maung Bandung sejak 1995 silam.

Dampak positif yang diberikan Umuh lainnya adalah kesejahteraan yang dirasakan pemain Persib Bandung. Mengingat Umuh terbilang sangat royal dalam memberikan bonus kepada para pemain, jika mencapai target.

Tak hanya itu, Umuh juga menjalin hubungan yang sangat baik dengan para pemain Persib. Tak jarang dirinya mengajak para pemain memancing untuk melepas penat dan stres.

Pemain yang sempat membela Persib, Maman Abdurahman juga sempat mengatakan bahwa sosok Umuh sangat dibutuhkan Persib. “Pemain sudah tahu karakter dia (Umuh). Dia sudah dekat dengan pemain. Komunikasi kepada pemain pun juga baik,” ujar Maman yang saat ini berkostum Persija Jakarta.

© Simamaung
Umuh Muchtar Copyright: SimamaungUmuh Muchtar

Namun belakangan Umuh justru dituding banyak Bobotoh, baik lewat pernyataan langsung atau di dunia maya, menganggap Umuh sebagai penyebab turunnya prestasi Persib lantaran intervensinya yang terlalu dalam ke tim. 

Pria berkumis tebal ini bahkan dihukum 6 bulan larangan aktif dari sepakbola Indonesa lewat hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) ke-26 PSSI karena ia dianggap mengajak pemain Maung Bandung, julukan Persib, untuk tidak melanjutkan pertandingan saat melawan Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo kemarin..

Selain dihukum selama enam bulan, Umuh juga mendapat sanksi denda. Nominalnya mencapai Rp50 juta.  

189