Empat Pahlawan yang Dijadikan Nama Kompetisi Sepakbola

Jumat, 10 November 2017 17:13 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Raden Ajeng Kartini dan Jendera Besar Soedirman. Copyright: © INDOSPORT
Raden Ajeng Kartini dan Jendera Besar Soedirman.

Pada hari ini, tepatnya 10 November 2017, Indonesia sedang memperingati peringatan yang dinamakan sebagai Hari Pahlawan Nasional. Peringatan tersebut dimanfaatkan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air.

Awalnya pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Britania Raya. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Setidaknya 6.000-16.000 pejuang dari pihak Indonesia tewas pada pertempuran tersebut. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia hingga sekarang.

Di dunia sepakbola, banyak nama-nama para pahlawan zaman dulu sering dijadikan nama sebuah stadion, tribun, ikon, dan semacamnya guna tidak melupakan jasa si pahlawan.

© footy4kids.co.uk
Ilustrasi pertandingan sepakbola tempo dulu. Copyright: footy4kids.co.ukIlustrasi pertandingan sepakbola tempo dulu.

Namun pernah terlintas tidak, sih, kalau nama-nama para pahlawaan juga pernah dijadikan sebagai nama sebuah kompetisi sepakbola. Apalagi di Indonesia.

Berikut ini INDOSPORT coba merangkum nama-nama pahlawan Indonesia yang dijadikan nama sebuah turnamen kompetisi sepakbola.

168