Piala Dunia 2018

Sudah Dipuji Messi, FIFA Resmikan Bola Piala Dunia 2018

Jumat, 10 November 2017 02:00 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Rizky Pratama Putra
© FIFA
Piala Dunia 2018. Copyright: © FIFA
Piala Dunia 2018.

Jelang Piala Dunia 2018 di Rusia, Adidas sebagai perusahaan aparel resmi FIFA berwenang untuk merancang bola yang akan digunakan pada perhelatan sepakbola level dunia tersebut.

Dilansir dari situs resmi FIFA, Adidas dengan resmi meluncurkan Telstar 18 sebagai bola resmi Piala Dunia 2018.

Rancangan bola tersebut merupakan pengembangan model klasik yang dipadu dengan design panel berteknologi terbaru. Bola tersebut adalah pengembangan dari bola pertama mereka yang digunakan pada Piala Dunia tahun 1970.

© FIFA
Bola resmi Piala Dunia 2018 Copyright: FIFABola resmi Piala Dunia 2018

Adidas ingin para pemain yang akan berlaga di Rusia dapat menyerap semangat para legenda, seperti Pele, Gerd Muller, Bobby Moore dan lainnya yang dulu pernah bermain dengan bola Telstar.

Messi menjadi salah satu pemain yang menjajal Telstar 18, ia pun sangat menyukai bola tersebut.

“Saya cukup beruntung bisa mengetahui dan mencoba bola ini lebih awal. Saya suka semuanya: rancangan baru, warna, semuanya,” tukas Messi seperti dikutip dari laman resmi FIFA.

Baca Juga

Nama Telstar sendiri diambil dari status sepakbola sebagai ‘bintang televisi’ (star of television). Bola pertama tersebut dihiasi dengan panel hitam dan putih yang dikaitkan dengan warna televisi pada masa itu. Model bola inilah yang menjadi cikal bakal bola yang hingga kini berpanel segi lima.

Hampir 50 tahun kemudian, Telstar 18 dibalut dengan jenis kulit terbaru, teknologi tinggi dan lebih ramah lingkungan. Teknologi yang dimaksud sendiri adalah fitur NFC yang memungkinkan konsumen berinteraksi dengan bola menggunakan smartphone.

1