Kualifikasi Piala Dunia 2018

Nostalgia Eks Parma Jelang Laga Italia Lawan Swedia

Sabtu, 11 November 2017 00:18 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rizky Pratama Putra
© Claudio Villa/Getty Images
Kiper Timnas Italia, Gianluigi Buffon dan Gianluigi Donnarumma. Copyright: © Claudio Villa/Getty Images
Kiper Timnas Italia, Gianluigi Buffon dan Gianluigi Donnarumma.

Italia akan bertandang ke markas Swedia di leg pertama babak play off zona Eropa, Sabtu (11/11/17) dini hari nanti. Menjalani laga krusial, kiper gaek Gli Azzurri mengenang kembali masa-masa saat melawan negara kelahiran Zlatan Ibrahimovic itu.

Gianluigi Buffon pada beberapa waktu lalu menyatakan akan pensiun usai pagelaran Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Untuk memberikan ruang kepada para pemain muda Italia.

"Pertandingan terpenting yang saya mainkan melawan Swedia dipastikan di Euro 2004. Ini bukan kenangan yang bagus, bahkan jika kami menggambar hari itu, karena pada akhirnya kami tahu bahwa ada peluang kualifikasi yang terbatas," ujar Buffon seperti dikutip Football Italia.

"Saya sering menghadapi Swedia, satu kali saya bermain di Swedia sebelum Piala Dunia 1998 di mana kami kalah, dan kemudian di beberapa pertandingan persahabatan di Italia kami menang," paparnya.

© Fourfourtwo
Gianluigi Buffon saat di Parma Copyright: FourfourtwoGianluigi Buffon saat di Parma

Ia juga bilang kalau Swedia harus dihormati karena memiliki tim yang solid dan punya kualitas.

"Untuk mengalahkan mereka, Anda harus tampil dengan sangat baik," paparnya.

Buffon sendiri merupakan satu-satunya pemain yang masih berseragam Gli Azzurri terakhir kala melakoni laga play off Piala Dunia sejak memulai debutnya pada tahun 1997.

Buffon telah menjalani 173 laga bersama Timnas Italia di semua ajang kompetisi. Selain itu ia telah membawa tim yang kini dilatih Giempiero Ventura itu saat juara Piala Dunia 2006 lalu.