Kiper Dadakan Qatar U-19 Ini Berpeluang Bawa Andri Syahputra Main di Indonesia

Minggu, 12 November 2017 01:41 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Qatar U-19 menjadi salah satu negara yang menggenggam tiket untuk terbang ke Indonesia dan tampil di putaran final Piala Asia U-19 2018. Tapi sebelumnya, keberhasilan ini memunculkan sebuah drama.

Terkadang, pemain yang bukan kiper harus beralih mengisi posisi di bawah mistar gawang untuk menggantikan kiper utama yang cedera atau dikartu merah sedangkan jatah pergantian pemain sudah habis. Hal ini terjadi saat Qatar melawan Irak di laga terakhir babak kualifikasi Grup C, Rabu (08/11/17) lalu.

Pertandingan yang berlangsung di Grand Hamad Stadium itu berakhir dengan skor imbang 1-1 di waktu normal. Laga ini berlanjut hingga adu penalti karena untuk menentukan siapa yang jadi juara grup lantaran kedua negara itu punya statistik yang identik.

© AFC
Qatar vs Irak. Copyright: AFCQatar vs Irak.

Singkat cerita, saat tendangan penentuan, kiper utama Qatar, Shehab Mamdouh, berhasil menepis bola hasil tendangan bek Irak, Muntadher Mohammed. Namun, saat merayakan keberhasilan itu, ia malah mendapatkan kartu kuning kedua dan harus "mandi lebih cepat" karena dianggap melakukan pelanggaran dengan bergerak dari garisnya terlalu dini.

Shehab Mamdouh berjalan keluar lapangan dengan rasa tak percaya bahwa penyelamatannya di saat-saat genting itu dianuir. Sarung tangan pun beralih ke sang kapten.

Memang dasarnya Qatar "harus" jadi juara grup, sesuatu yang mengejutkan terjadi. Pemain bernomor punggung 8 yang secara postur kurang menjanjikan untuk menjadi kiper itu melakukan penyelamatan gemilang menggunakan kaki kanannya dalam menggagalkan kesempatan kedua yang diambil lawannya itu.

Para pemain Qatar kembali menyerbu lapangan, termasuk Mamadouh yang sedang berjalan ke terowongan pun dipanggil lagi untuk turut serta merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Asia U19 bulan Oktober tahun depan.

Keberhasilan itu juga turut dirayakan pesepakbola asal Aceh yang lebih memilih untuk membela Timnas Qatar, Andri Syahputra.

Lewat Instagram pribadinyna, @andri010, pemain berusia 18 tahun mengunggah sebuah foto lewat InstaStory yang memperlihatkan aksi selebrasi para pemain Qatar U-19 usai melakoni laga.

"Off to AFC," tulisnya.

© Instagram/@andri010
Andri Syahputra. Copyright: Instagram/@andri010Andri Syahputra.

Meski begitu, Irak yang kalah di laga itu tetap lolos karena menjadi salah satu runner up terbaik dan mengisi pot 2.

Qatar yang kemungkinan akan diperkuat Andri Syahputra kini mengisi pot 3 dan memiliki peluang bertemu Indonesia (penghuni pot 1). Hal itu disebabkan dalam undian nanti, negara yang menghuni pot sama tidak akan saling bertemu di fase penyisihan grup.

693