Gagal Bawa Italia ke Piala Dunia, Ventura Menolak Mundur

Selasa, 14 November 2017 07:34 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© getty images
Pelatih Timnas Italia, Gian Ventura Copyright: © getty images
Pelatih Timnas Italia, Gian Ventura

Timnas Italia sudah dipastikan akan menjadi penonton di gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia. Hasil imbang 0-0 melawan Swedia di Stadion San Siro, Milan, Selasa (14/11/17) membuat Gli Azzurri kembali gagal tampil di ajang empat tahunan tersebut. Terakhir kali Italia gagal lolos ke Piala Dunia terjadi pada 1958.

Biasanya, pelatih yang gagal membawa timnya meraih prestasi akan langsung mundur dari jabatannya. Setidaknya, kontraknya akan dihentikan lebih cepat. Tapi tidak dengan pelatih Italia, Giampiero Ventura.

© -
Italia gagal melaju ke Rusia, Buffon meminta maaf. Copyright: -Italia gagal melaju ke Rusia, Buffon meminta maaf.

Pelatih 69 tahun itu dengan tegas belum menyatakan mundur dari jabatannya saat ini. Salah satu alasannya adalah dia belum bertemu dengan Presiden FIGC, Carlo Tavecchio.

"Pelatih selalu menjadi penanggung jawab utama ketika tim gagal meraih terget. Kami memang gagal, tapi saya belum mengundurkan diri. Saya masih harus berbicara dengan Presiden Tavecchio," ungkap Ventura seperti dikutip Calciomercato.

Ventura mengaku bangga bisa melatih tim hebat seperti Italia dan akan segera memutuskan apa yang akan dilakukan untuk masa depan Gli Azzurri.

"Kesalahan terbesar saya? Kami hanya sekali kebobolan dalam dua pertemuan, tapi kami memang tidak bisa mencetak gol dalam dua pertandingan tersebut," lanjut Ventura.

Dia menambahkan,"Mundur? Itu tidak bergantung hanya kepada diri saya, mari kita lihat apa yang akan terjadi. Saya minta maaf kepada rakyat Italia tapi kami sudah berusaha. Pertandingan malam ini sudah membuktikan saya berada di jalur yang benar bersama tim ini."

50