Disuruh Pilih Guardiola atau Mourinho, Begini Jawaban Eks Manchester United

Jumat, 17 November 2017 03:51 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Legenda Manchester United, Rio Ferdinand. Copyright: © getty images
Legenda Manchester United, Rio Ferdinand.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jose Mourinho dan Pep Guardiola merupakan dua pelatih jenius saat ini. Keduanya menjadi pelatih yang diidam-idamkan oleh kebanyakan para pesepakbola di belahan dunia.

Jose Mourinho yang kini membesut Manchester United, memiliki taktik permainan yang unik, dan sering kita sebut sebagai ‘parkir bus’. Walau kerap mendapatkan gunjingan, taktik yang diterapkan oleh mantan pelatih Chelsea ini nyatanya ampuh membawa kemenangan demi kemenangan untuk Setan Merah di musim ini.

Sementara kita paham bahwa Pep Guardiola mengusung taktik tiki-taka-nya di Manchester City. Memanfaatkan ketajaman pada setiap pemain yang dimilikinya, serta keefisienan dalam melakukan umpan-umpan menjadikan The Citizens klub berbahaya di Tanah Inggris. Terbukti, kursi singgasana Liga Primer Inggris pun mereka tempati untuk sementara ini.

Melihat kedua pelatih nan sarat pengalaman tersebut membuat legenda Manchester United, Rio Ferdinand mengungkapkan pernyataannya. Dirinya mengatakan bila diharuskan untuk memilih untuk dilatih oleh siapa, dengan gamblang dirinya menjawab Jose Mourinho.

© The Independent
Jose Mourinho teriak dari pinggir lapangan memberi arahan Copyright: The IndependentJose Mourinho teriak dari pinggir lapangan memberi arahan

Bukan tanpa alasan dirinya mengatakan Mourinho sebagai pelatih yang ia idamkan. Pasalnya ia merasa akan cocok dengan taktik bertahan yang Mourinho kerap gunakan, dan disinyalir akan menjadikan dirinya sebagai pemain terbaik di dunia.

“Sebagai seorang bek tengah, saya pilih Mourinho. Saya akan menjadi yang terbaik di bawah asuhannya,” ucapnya dikutip GMS.

Namun, dirinya akan memilih Pep Guardiola bila ingin timnya bermain lebih indah di atas lapangan. Ferdinand juga mengatakan bahwa untuk menampilkan permainan yang lebih baik, Guardiola jauh lebih baik dibanding Mourinho.

© INDOSPORT
Pep Guardiola, pelatih Man City Copyright: INDOSPORTPep Guardiola, pelatih Man City

“Untuk memberikan permainan yang indah, saya pilih Guardiola. Saya akan memilihnya untuk memberikan ketajaman pada lini depan di tim saya,” tambahnya.

769