LIGA 1

Untung Rugi Jika Sylvano Comvalius Gabung Persib Bandung

Jumat, 17 November 2017 16:29 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Irfan Fikri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sylvano Comvalius. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Sylvano Comvalius.

Buruknya performa Persib Bandung di Liga 1 musim ini, membuat manajemen memutuskan untuk segera berbenah, salah satu faktor yang menjadi sorotan adalah lini serang Maung Bandung yang dinilai kurang tajam.

Hal tersebut membuat Persib mulai melakukan pendekatan kepada sejumlah pemain, salah satunya pemain yang diinginkannya adalah Sylvano Comvalius.

Striker Bali United itu memang tengah laris manis di bursa transfer musim ini. Bagaimana tidak, pemain asal Belanda itu sudah membuktikan ketajamannya di Liga 1, bahkan ia sukses menjadi top skorer dengan torehan 37 gol sepanjang musim 2017/18.

Hal ini yang membuat sejumlah klub kepincut untuk merekrutnya, bahkan pemain asal Belanda itu juga mengakui adanya tawaran dari beberapa klub, salah satunya adalah Persib Bandung. 

Jika Persib benar-benar serius ingin merekrut Sylvano Comvalius, apa keuntungan dan kerugian bagi Maung Bandung dan juga Comvalius?  

Keuntungan: Sylvano Comvalius Adalah Jawaban Lini Depan Persib

Pada awal musim lalu, Persib rela belanja jor-joran dengan mendatangkan dua pemain kelas dunia, yakni Michael Essien dan striker Carlton Cole. Namun sayang, mantan striker West Ham itu tak bisa menjawab ekspektasi tinggi Bobotoh dan manajemen, karena tampil melempem sebagai goal getter.

Kiprah Cole sebagai penyerang jebolan tim elite Liga Primer Inggris kalah bersaing dengan jebolan akademi Ajax yakni Sylvano Comvalius.

© Instagram/@elfvoetbalmagazine
Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius, dan Nick Van Der Velden. Copyright: Instagram/@elfvoetbalmagazineIrfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius, dan Nick Van Der Velden.

Comvalius bahkan bisa disebut sebagai pemain asing paling efektif karena kesuburannya di muka gawang. Penyerang asal Belanda itu saat ini merupakan pencetak gol terbanyak Liga 1 2017 dengan torehan 37 gol.

Bahkan, 37 golnya itu mengantarkan dirinya mencetak sejarah baru di sepakbola Indonesia. Dia didapuk sebagai pencetak gol terbanyak Liga Indonesia sepanjang masa, yang sebelumnya dipegang oleh legenda Bandung Raya, Peri Sandria selama 22 tahun, dengan mencetak 34 gol di Divisi Utama musim 1994-95.

Melihat kesuburan Sylvano Comvalius pada Ligia 1 musim ini, akan menjadi jawaban bagi Persib Bandung yang sepanjang musim lalu buruk dalam penyeselsaian akhir.

Kerugian: Tak Ada Pelayan yang Baik di Lini Tengah Persib Untuk Comvalius

Suburnya Sylvano Comvalius dalam urusan mencetak gol bersama Bali United musim lalu, tak lepas dari peran para gelandang kreatif mereka yang cukup berkualitas, yang dihuni oleh Nick Van Der Velden, Stefano Lilipaly, Fadil Sausu dan Muhammad Taufiq.

Selama ini, performa apik Bali United tak lepas dari trengginasnya nama-nama di atas, dalam memberikan umpan dan mengkreasikan serangan.

© Pikiran Rakyat
Persib usai pertandingan Copyright: Pikiran RakyatPersib usai pertandingan

Hal ini yang tak ada di lini tengah Persib Bandung. Nama-nama seperti Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono, dan Maitimo belum bisa sebanding dengan gelandang-gelandang mematikan Serdadu Tridatu. Bahkan, nama sekelas Michael Essien pun belum terlalu memuaskan. 

Tim Maung Bandung kehilangan sosok kreator lini tengah, masalah ini tentu sangat fatal untuk kesuburan Comvalius dalam urusan mencetak gol andai jadi bergabung dengan Pangeran Biru. 

1.4K