Daftar Legenda Sepakbola Dunia yang Pernah Satu Tim dengan Anaknya

Minggu, 19 November 2017 10:09 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Lanjar Wiratri
© @
Ayah dan anak dalam satu tim Copyright: © @
Ayah dan anak dalam satu tim

Bakat sepakbola yang dimiliki seorang Ayah tak dipungkiri akan turun ke sang anak. Dalam dunia sepakbola ada beberapa daftar nama Ayah dan Anak yang sama-sama berprofesi sebagai pesepakbola.

Namun keberadaan Ayah dan Anak dalam satu tim sepakbola memang terbilang langka, tapi ternyata ada beberapa daftar nama Ayah-Anak dalam sejarah sepakbola pernah bela satu tim yang sama.

Berikut INDOSPORT merangkum nama-nama para legendda sepakbola dunia yang pernah bermain satu tim dengan anaknya.

1. Cesare & Paolo Maldini (Italia)

Tim nasional Italia menjadi pemersatu Dinasti Maldini saat Cesare dipercaya mengemban jabatan pelatih Gli Azzurri pada periode 1996-1998.

Bersama anaknya, Paolo, yang berperan sebagai kapten tim, ia membawa Italia menembus perempat final Piala Dunia 1998 sebelum disingkirkan oleh tuan rumah Prancis melalui babak adu penalti.

© La Gazzetta dello Sport
Cesare Maldini & Paolo Maldini Copyright: La Gazzetta dello SportCesare Maldini & Paolo Maldini

2. Harry & Jamie Redknapp (Bournemouth)

Pada 1989, Harry memberikan kesempatan debut kepada putranya, Jamie, yang masih berusia 16 tahun, dalam sebuah pertandingan Divisi II Inggris. Kebersamaan ayah dan anak ini berlangsung hingga musim panas 1991.

Saat itu, permainan Jamie menarik perhatian pelatih Liverpool, Kenny Dalglish, sehingga ia lantas diboyong ke Anfield seharga 350.000 pound. Lebih dari sedekade kemudian, tepatnya pada 2004, keluarga Redknapp bereuni selama semusim di Southampton.

© The Evening Times
Harry Redknapp & Jamie Redknapp Copyright: The Evening TimesHarry Redknapp & Jamie Redknapp

3. Bob & Michael Bradley (Amerika Serikat)

Barangkali inilah kebersamaan ayah dan anak tersukses dalam sepak bola. Bob dan Michael berandil mempersembahkan titel Piala Emas Concacaf 2007 plus predikat runner-up Piala Konfederasi 2009 untuk Timnas Amerika Serikat.

© Getty Images
Bob Bradley & Michael Bradley Copyright: Getty ImagesBob Bradley & Michael Bradley

4. Zlatko & Niko Kranjcar (Kroasia)

Serupa dengan Maldini dan Brandley, Zlatko dan Niko Krancjar juga dipertemukan di level tim nasional. Kebersamaan ayah dan anak ini berlangsung selama dua tahun pada 2004-2006.

Satu hal yang perlu dicatat, Zlatko adalah pelatih yang memberikan kesempatan debut internasional kepada Niko. Keduanya sempat melakoni satu turnamen besar bersama, yakni Piala Dunia 2006.

© sportskeeda.com
Zlatko Kranjcar & Niko Kranjcar Copyright: sportskeeda.comZlatko Kranjcar & Niko Kranjcar

5. Rivaldo & Rivaldinho (Mogi Mirim)

Berbeda dengan yang lain, kebersamaan Rivaldo dengan sang putra di klub Divisi II Brasil, Mogi Mirim, bukan dalam kapasitas pelatih dan pemain.

Pada 19 Februari 2014, Rivaldo yang telah berusia 41 tahun bermain satu tim dengan Rivaldinho (19). Peristiwa ini sempat beberapa kali terulang sampai akhirnya sang legenda Brasil memutuskan pensiun di pertengahan 2015.

© ESPN FC
Rivaldo & Rivaldinho Copyright: ESPN FCRivaldo & Rivaldinho
1.1K