Serie A Italia

Napoli 2-1 AC Milan: Partenopei Masih Jadi Raja

Minggu, 19 November 2017 05:12 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Getty Images
Lorenzo Insigne sukses membuka keunggulan Napoli atas AC Milan. Copyright: © Getty Images
Lorenzo Insigne sukses membuka keunggulan Napoli atas AC Milan.

Babak Pertama

Napoli langsung menekan sejak awal laga kala menjamu AC Milan. Kubu tuan rumah memang membutuhkan kemenangan demi menjaga jarak mereka dari kejaran Juventus di pucuk klasemen sementara.

Peluang emas pertama Napoli terjadi pada menit ke-12 melalui Jose Callejon. Namun sundulan pemain Spanyol ini masih belum mampu mengoyak gawang Milan.

Semenit kemudian gantian Raul Albiol yang meneror gawang Gianluigi Donnarumma. Sama seperti peluang sebelumnya, sundulan bek Napoli ini masih melambung tinggi.

Milan mencoba membalas serangan melalui aksi Suso di menit ke-26. Sayang sepakannya masih bisa diamankan oleh Pepe Reina.

Napoli akhirnya mampu mencetak gol pada menit ke-33 melalui Lorenzo Insigne. Winger lincah ini sukses lolos dari jebakan offside para pemain belakang Milan sebelum mencetak gol.

Gol ini sempat membuat para pemain Milan melakukan protes kepada wasit. Namun setelang menggunakan Video assistant referree (VAR), gol tersebut pun disahkan menjadi milik Napoli.

Kedua tim berupaya untuk bisa mencetak gol lagi di sisa waktu babak pertama. Namun hingga wasit mengakhiri laga tetap berkesudahan untuk keunggulan tuan rumah.

Babak Kedua

Napoli masih bermain dengan determinasi tinggi di awal babak kedua. Kemenangan menjadi harga mati bagi skuat asuhan Maurizio Sarri ini demi melanggenkan singgasana sementara Serie A Italia.

Peluang pertama di babak kedua didapat melalui Dries Mertens, tiga menit babak kedua berjalan. Namun usahanya masih bisa diselamatkan oleh Donnarumma.

Determinasi dan tekanan Napoli membuat Milan kesulitan mengembangkan permainan. Napoli sendiri mencoba memperagakan permainan cepat dari sektor sayap.

Hasilnya, pada menit ke-72 Napoli berhasil menambah gol melalui Piotr Zielinski. Pemain yang baru masuk ini hanya membutuhkan 3 menit untuk bisa mencetak gol.

Skemanya masih sama, sebuah serangan cepat yang berawal dari sayap. Menerima umpan dari Mertens, pemain asal Polandia tersebut mampu lolos dari perangkap off-side sebelum mencetak gol.

Unggul dua gol, membuat permainan Napoli sedikit menurun temponya. Milan berupaya untuk memanfaatkan hal tersebut dengan melakukan serangan bertubi-tub.

Bonaventura nyaris saja memperkecil kedudukan di menit ke-78. Namun, Reina masih bisa menyelamatkan tendangan pemain Milan tersebut.

Saat laga sepertinya akan berakhir dengan kedudukan 2-0, Milan justru mampu memperkecil ketertinggalan mereka di masa perpanjangan waktu. Alessio Romagnoli sukses mencuri gol jelang laga usai.

Berawal dari sebuah halauan yang tak sempurna, Romagnoli yang mendapatkan bola langsung melepaskan tendangan keras. Sepakan ini kemudian menghujam gawang Napoli tanpa ampun.

Gol tersebut menjadi yang terakhir dalam laga ini. Napoli sukses meraih 3 poin dalam laga ini dan mengamankan posisinya di puncak klasemen sementara Serie A Italia.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Mario Rui (Maggio '68); Allan, Jorginho, Hamsik (Zielinski '72); Callejon (Rog '80), Mertens, Insigne

Milan: G Donnarumma; Musacchio, Bonucci, Romagnoli; Borini (Abate '78), Kessie, Montolivo (Biglia '86), Locatelli, Bonaventura; Suso (Andre Silva '45); Kalinic

345