4 Pemain Persib Bandung yang Miliki Menit Bermain Terlama Di Liga 1

Selasa, 21 November 2017 15:44 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Gin/Indosport
Skuat Persib Bandung saat menjalani latihan. Copyright: © Gin/Indosport
Skuat Persib Bandung saat menjalani latihan.

Beberapa pemain Persib Bandung seperti Atep dan Hariono lebih sering duduk di bangku cadangan selama gelaran kompetisi Liga 1 musim 2017 berlangsung. Hal tersebut tentu saja mempengaruhi waktu bermain yang mereka miliki pada gelaran tersebut.

Lebih seringnya Atep menjadi cadangan, membuat ban kapten Persib Bandung pun semakin sering disandang oleh bek tengah andalan, Achmad Jufriyanto. Suatu kepercayaan yang wajar diberikan pelatih mengingat Jufriyanto memang termasuk pemain senior dalam skuad Maung Bandung.

Pemain kelahiran 7 Februari 1987 ini telah bergabung di Persib sejak 2013 lalu. Pada musim kedua kebersamaannya, Jufriyanto mampu ikut andil membawa Persib kembali meraih gelar juara setelah 20 tahun menanti.

Tak hanya itu, Jufriyanto pun menjadi pahlawan kemenangan Persib di laga final LSI 2014 saat menekuk Persipura lewat adu penalti. Setelah sang kiper I Made Wirawan berhasil menggagalkan tendangan Nelson Alom, sepakan Jufriyanto yang menentukan keberhasilan Persib merengkuh kembali trofi kasta tertinggi sepak bola nasional.

Setelah kompetisi sempat terhenti pada 2015, Jufriyanto memang sempat berkelana kembali ke Sriwijaya FC pada ISC A 2016. Namun, hal itu tak memupus kecintaannya pada bobotoh di Bandung.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Pemain Persib merayakan gol yang dibuat Ahmad Jufriyanto dan mengalahkan PBR dengan skor 1-0. Pertandingan berlangsung di stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Senin (06/10/14). Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTPemain Persib merayakan gol yang dibuat Ahmad Jufriyanto dan mengalahkan PBR dengan skor 1-0. Pertandingan berlangsung di stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Senin (06/10/14).

Jufriyanto pun kembali ke Persib jelang Liga 1 2017. Ia pun membuktikan bahwa dirinya masih tetap bisa menjadi pilar andalan di lini belakang tim Pangeran Biru bersama Vladimir Vujovic. Konsistensi penampilannya di jantung pertahanan terbukti dengan sulitnya gawang Persib dibobol lawan. 

Selain itu, ia pun kerap kali memecah kebuntuan saat pemain depan kesulitan mencetak gol. Hal itu terbukti dengan dua gol yang ia kemas untuk Persib musim ini. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPara pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi.

Tak heran jika hingga akhir musim ia menjadi pemain yang paling banyak mendapatkan menit merumput. Sempat absen tiga kali akibat akumulasi kartu kuning, Jufriyanto selalu diturunkan dalam 31 laga Persib yang tersisa. 

Dilansir INDOSPORT Dari laman resmi Persib Bandung, Jufriyanto tercatat telah menjalani 2.790 menit bermain untuk Persib musim ini.

© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Tantan (jersey no 82) teriak kegirangan menyambut Ahmad Jufriyanto setelah membobol gawang PBR. Pertandingan berlangsung di stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Senin (06/10/14).  Copyright: Ratno Prasetyo/INDOSPORTTantan (jersey no 82) teriak kegirangan menyambut Ahmad Jufriyanto setelah membobol gawang PBR. Pertandingan berlangsung di stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung. Senin (06/10/14).

Jumlah itu jauh lebih besar ketimbang Shohei Matsunaga yang notabene tampil dalam 32 laga Persib. Menit bermain Jufriyanto hanya ditempel ketat oleh sang tandem Vujovic yang turun selama 2.423 menit.

Nah, terkait hal tersebut, INDOSPORT telah merangkum 4 pemain Persib Bandung yang miliki waktu bermain terlama pada gelaran Liga 1 lalu. Berikut daftarnya:

1. Achmad Jufriyanto: 2.790 menit

2. Vladimir Vujovic: 2.423 menit

3. Tony Sucipto: 2.168 menit

4. M Natshir Fadhil: 2.070 menit

274