Hindari Serangan Teroris, Klub Kecil Liga Inggris Ini Terapkan Sistem Keren

Rabu, 22 November 2017 15:28 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
© mirror.co.uk
Burnley memasang penghalang anti-terorisme. Copyright: © mirror.co.uk
Burnley memasang penghalang anti-terorisme.

Burnley akan menjadi klub sepakbola Inggris pertama di negara tersebut yang memutuskan untuk memasang pengamanan ketat untuk melindungi para pendukungnya dari potensi serangan teroris.

Dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris melawan Swansea, Turf Moor diketahui dipasangi sebuah pembatas sementara pada bagian luarnya. Hal itu mencegah adanya insiden tabrakan bagi para pendukung yang akan menyaksikan laga di dalam stadion. 

© mirror.co.uk
Suporter Burnley tengah berjalan. Copyright: mirror.co.ukSuporter Burnley tengah berjalan.

Pasalnya, tercatat sejumlah insiden dimana kendaraan digunakan untuk melakukan serangan fatal selama beberapa tahun terakhir ini, termasik London, Nice, dan Barcelona. 

Dilansir Burnley Express, sebuah pembatas dipasang dalam laga tersebut oleh pihak perusahaan penyelenggara, StadiumTM. Pembatas tersebut akan memudahkan para pejalan kaki, pengendara sepeda, dan kursi roda untuk melaluinya. 

Tak hanya itu, pembatas tersebut akan mampu diturunkan dibawah 30 detik jika dibutuhkan akses cepat dalam keadaan genting. Hal itu menjadi salah satu dari kelebihan pembatas tersebut. 

"Kita mencoba menjada kerumunan orang dan tempat-tempat umum agar tetap aman dalam sebuah acara penting. Waspada terhadap serangan kendaraan yang sempat mengejutkan seluruh dunia, termasuk Inggris," ungkap pihak StadiumTM, David McAtamney. 

© INDOSPORT
Pelatih Burnley, Sean Dyche saat memberikan arahan kepada tim besutannya. Copyright: INDOSPORTPelatih Burnley, Sean Dyche saat memberikan arahan kepada tim besutannya.

Pihaknya sendiri ingin menjadi garda terdepan dalam memberikan pengamanan lewat sistem penghalang yang diharapkan akan mampu efektif digunakan dalam acara-acara publik. 

"Keamanan para pendukung adalah prioritas tertinggi klub, dan mereka akan menjadi klub sepakbola pertama yang menggunakan metode keamanan inovatif," ungkap David, dilansir Mirror. 

93