Liga 1

Setelah Dipecat, Mantan Pelatih Persib Titip Pesan Ini

Rabu, 22 November 2017 07:40 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Emral Abus. Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Emral Abus.

Mantan pelatih kepala Persib Bandung Emral Abus memberikan wejangan kepada juru taktik Maung Bandung selanjutnya. Meski tak lagi menangani Persib, Emral tetap peduli dengan masa depan klub yang pernah ia tangani itu.

Sejauh ini, kiprah Emral di sisa Liga 1 memang jauh dari kata sempurna. Namun dirinya memiliki beberapa saran kepada pihak klub, khususnya dalam aspek teknis.

Pelatih asal Padang tersebut menghimbau agar Persib memperhatikan lapangan latihan guna mengembangkan kemampuan para pemain. Sebab, menurutnya, perbedaan rumput sintetis dan asli sangat berbeda jauh.

“Sejauh ini (Persib) latihan banyaknya di rumput sintetis, sementara kalau bertanding itu tidak di rumput sintetis. Jadinya permainan kita tidak maksimal,” ucap Emral.

Dirinya juga mengeluhkan jarak yang ditempuh para pemain saat bermain di kandang sendiri. Jarak tempuh yang panjang memang bisa menguras tenaga sang pemain sebelum pertandingan.

© Indosport/M Nur Basri
Persib latihan di tempat futsal saat bertandang ke Makassar. Copyright: Indosport/M Nur BasriPersib latihan di tempat futsal saat bertandang ke Makassar.

“Ke depannya kalau main di Jalak Harupat lebih baik tidurnya di hotel saja. Karena yang jadi lawan kita juga di hotel jadi dari stamina mereka lebih terjaga,” tambahnya.

Selain itu, Emral juga meminta staf kepelatihan Persib lebih mengawasi para pemain yang tak ikut ke dalam laga away. Baginya, para pemain harus tetap berlatih dan diawasi asisten pelatih lain meski mereka tak masuk dalam rombongan.

“Pemain yang ditinggalkan ketika kita bermain laga away itu harus latihan lebih berat, agar kualitasnya sebanding dengan pemain inti,” tutupnya.

178