5 Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Perkuat Negara Lain

Sabtu, 25 November 2017 07:56 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia saat mengheningkan cipta. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Timnas Indonesia saat mengheningkan cipta. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Sejak era kepemimpinan Nurdin Halid pada 2010, PSSI doyan menaturalisasi pemain asing. Tujuan awalnya, kehadiran mereka diharapkan mendongkrak prestasi Timnas Indonesia. Namun, pada faktanya hanya sedikit di antara mereka yang kontinu membela Tim Merah-Putih.

Teranyar, adalah penyerang Bhayangkara FC Ilija Spasojevic, yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Sebelumnya, Spaso merupakan warga negara Montenegro. Namun, ia memutuskan berpindah kewarganegaraan karena sudah cinta dengan Indonesia dan ingin memperkuat Garuda di dada.

Sebelum Spaso, sudah banyak pemain-pemain yang mendapatkan naturalisasi. Sebut saja Ezra Walian, Raphael Maitimo, Cristian Gonzales, Tonnie Cussel, Jhonny van Beukering, Victor Igbonefo, dan Greg Nwokolo.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesia vs Guyana (Ilija Spasojevic). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndonesia vs Guyana (Ilija Spasojevic).

Hal ini dilakukan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia ketika menjalani pertandingan di ajang internasional. Sebab, sudah lama sekali Indonesia tidak dapat gelar juara.

Namun tahukah Anda? diantara pesepakbola yang dinaturalisasi, terdapat sejumlah pemain yang pernah membela negara kelahirannya sebelum mendapatkan status WNI. Mereka bermain di tim nasional masing-masing di kategori usia muda.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT mengulas 5 pemain Timnas Indonesia yang pernah membela negara lain.

1.6K