Liverpool 1-1 Chelsea, Kemenangan The Reds Dibatalkan Willian

Minggu, 26 November 2017 02:48 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Premierleague.com
Eden Hazard menendang bola. Copyright: © Premierleague.com
Eden Hazard menendang bola.

Babak Pertama

Tempo cukup tinggi langsung diperagakan kedua tim sejak wasit Michael Oliver meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Baik Liverpool maupun Chelsea bermain secara terbuka.

Tuan rumah memang mampu menguasai bola lebih banyak. Namun, tim tamu bukan tanpa keunggulan. Salah satu keunggulan Chelsea jumlah tendangan yang mengarah ke gawang lebih baik dari Liverpool.

© Premierleague.com
Eden Hazard menendang bola ke gawang Liverpool. Copyright: Premierleague.comEden Hazard menendang bola ke gawang Liverpool.

Dari total 7 tembakan yang dilakukan skuat The BLues, dua di antaranya mampu membahayakan gawang The Reds. Salah satu tembakan ke gawang yang dimiliki Chelsea akan ketika Eden Hazard melakukan tendangan dari luar kotak penalti.

Tendangan Hazard ini masih bisa ditepis kiper Simon Mignolet yang langsung membuahkan tendangan sudut. Dari tendangan sudut inilah Chelsea sempat membuat skuat Liverpool harus berkumpul di dalam kotak penalti.

Tendangan sudut Chelsea ini sempat menciptakan scramage di dalam kotak penalti The Reds. Setelah beberapa saat bola bergulir secara liar di depan gawang Mignolet, skuat Liverpool pun bisa mengamankana bola dengan membuangnya jauh ke depan.

Sementara Liverpool sepanjang babak kedua ini mampu menciptakan 6 tembakan. Namun tak ada satu pun yang mengarah tepat ke gawang Chelsea. Seperti yang dilakukan Mohamed Salah melalui kaki kirinya menjelang akhir dari babak pertama. Tendangan Salah hanya melenceng ke sisi kanan gawang Courtois.

Akibat tak banyaknya peluang yang diciptakan kedua tim sepanjang babak pertama, tak ada satu pun gol yang mampu dilakukan kedua tim. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Tempo tinggi tetap diperagakan skuat kedua tim di babak kedua. Jual beli serangan masih menjadi hiasan pertandingan di babak kedua ini.

Belum 5 menit pertandingan babak kedua, The Reds mampu menebar ancaman saat sepakan Daniel Sturridge gagal ditangkap oleh Courtois. Beruntung bola hanya bergulir ke pinggir gawang, bukan ke tengah gawang,

Selang 8 menit kemudian, Liverpool sempat mendapatkan kembali peluang. Serangan yang dilakukan di sisi kiri pertahanan Chelsea harus memaksa Courtois keluar dari sarangnya. Dia menghentikan alur bola Liverpool tepat di pinggir garis kotak penalti.

Setelah berjuang selama puluhan menit, The Reds akhirnya mampu membuat publik Anfield bersorak. Sosok yang mampu membuat puluhan ribu Kopites bersorak tak lain dari Mohamed Salah.

Lewat pergerakan Coutinho di sisi kiri, pemain asal Brasil ini kemudian memberikan umpan terobosan kepada Salah pada saat pertandingan memasuki menit ke-65. Bola ini sebenarnya sempat akan disapu Bakayoko, namun gagal.

Bola terobosan tersebut membuat Salah menjadi punya ruang tembak yang cukup luas. Lewat sepakan kaki kanannya, Salah pun membuat jawal dari gawang Courtois pun bergetar, 1-0 untuk Liverpool.

Chelsea langsung menambah gedoran usai tertinggal 0-1. Hasilnya diperoleh 10 menit kemudian. Diawali dengan pergantian pemain pada menit 83. Willian masuk menggantikan Davide Zapcosta.

Putusan Conte memasukkan Willian memang sangat jitu. Dua menit kemudian Willian membuat senyum pelatih dan fans The Blues tersenyum merekah.

Menerima umpan dari Hazard, Willian menuntaskannya dengan sebuah chip yang mengarah tepat ke sudut jauh tiang gawang Mignolet. Upaya Mignolet untuk menyapu bola tidak berhasil. Chelsea mampu menggagalkan kemenangan Liverpool yang sudah ada di depan mata.

Hasil imbang ini cukup fair bagi kedua tim. Karena sama-sama menyuguhkan permainan yang menarik dan  solid. Atas hasil imbang ini, LIverpol pun urung meningkatkan posisi mereka di klasemen sementara. The Reds masih terpaku di peringkat kelima di klasemen sementara.

Susunan Pemain Kedua Tim

Liverpool (4-3-3)

Mignolet, Gomez, Klavan, Matip, Moreno, Henderson, Milner, Coutinho, Oxlade-Chamberlain, Salah, Sturridge

Chelsea (3-5-1-1)

Courtois, Azpilicueta, Christensen, Cahill, Zappacosta, Drinkwater, Kante, Bakayoko, Alonso, Hazard, Morata

979