Liga Primer Inggris

Man United 1-0 Brighton, Setan Merah Lulus Ujian

Minggu, 26 November 2017 00:10 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Manutd
Manchester United vs Brighton & Hove Albion Copyright: © Manutd
Manchester United vs Brighton & Hove Albion

Babak Pertama

Trauma kegagalan ketika melawan tim promosi menghantui skuat Manchester United ketika menjamu Brighton & Hove Albion (BHA), Sabtu (25/11/17). Pasalnya, Anthony Martial dan kolega pernah ditaklukkan Huddersfield (21/10/17) yang sekaligus menghentikan catatan apik tak terkalahkan dalam 8 laga sebelumnya.

Sebagai tim yang bertabur bintang, Man United pun mampu mendikte permainan HBA dari sejak menit pertama. Penguasan bola pun mereka kuasai. Tapi tak kunjung menciptakan peluang berbahaya.

Bahkan melewati separuh babak, striker Romelu Lukaku tak jua mendapat kesempatan emas atau sekadar melakukan tendangan ke gawang. Seperti satu sundulan yang didapatkan Lukaku pada menit ke-35 hanya melenceng ke samping gawang Matthew Ryan.

Keberadaan Paul Pogba di tengah lapangan memang membuat skuat Setan Merah tampil lebih solid. Sayang, Pogba beberapa kali bermain terlalu melebar, sehingga dia pun tidak banyak menciptakan peluang dari area tengah.

Di menit akhir waktu normal babak pertama, ribuan fans Setan Merah pasti sempat berhenti detak jantungnya. Lukaku memenangi duel udara di depan gawang BHA. Tandukannya pun mengarah tepat ke gawang, namun masih mampu ditepis dengan baik oleh Mat Ryan.

© Manutd
Manchester United vs Brighton & Hove Albion Copyright: ManutdManchester United vs Brighton & Hove Albion

Bola liar sempat jatuh ke kaki Pogba. Namun, lagi-lagi Ryan melakukan penyelamatan gemilang. Gawang BHA pun masih belum ternodai. Setidaknya sampai babak pertama berakhir, di mana skor masih tetap 0-0.

Babak Kedua

Tak ada perubahan berarti dari permainan Red Devils ketika sudah memasuki babak kedua. Mereka tetap bermai menekan dan mengurung pertahanan BHA. Peluang demi peluang diciptakan tak tak kunjung berbuah gol.

Memasuki menit 62, manajer Jose Mourinho akhirnya memenuhi janjinya. Dia menduetkan Zlatan Ibrahimovic dengan Lukaku di lini depan. Stiker Swedia itu masuk menggantikan Juan Mata. 

Belum lima menit berada di atas lapangan, aksi Ibra sempat membuat pertahanan BHA kerepotan. Dia sempat mengirimkan umpan silang tapi masih bisa diblok oleh kiper BHA.

Publik Old Trafford akhirnya bersorak. Tekanan yang dilakukan Pogba cs melahirkan sebuah tendangan sudut. Markus Rashford menjadi penendang mengirim bola tepat ke depan gawang Ryan. Bola ini sempat disapu oleh pemain Brighton.

Ashley Young yang sudah siap menyambut bola liar di luar kotak penalti sempat melakukan kontrol lebih dahulu sebelum menendang. Bola tendangan Young sebenarnya mengenai kaki Lewsi Dunk, sehingga arah bola berbelok dan melambung ke sudut gawang tanpa bisa dijangkau Mat Ryan.

© Manutd
Manchester United vs Brighton & Hove Albion Copyright: ManutdManchester United vs Brighton & Hove Albion

Kemenangan ini terasa penting bagi MU dalam mengejar selisih poin mereka dengan Manchester City di klasemen sementara Liga Primer. Jarak poin antara dua tim satu kota ini pun menjadi 5 angka. Namun, City baru bertanding Minggu (26/11/17) di kandang Huddersfield.

Susunan Pemain Kedua Tim

Manchester United (4-2-3-1)

David de Gea, Antonio Valencia, Victor Lindelöf, Chris Smalling, Ashley Young, Paul Pogba, Nemanja Matic, Juan Mata, Marcus Rashford, Anthony Martial, Romelu Lukaku

Brighton & Hove Albion (4-5-1)

Mat Ryan, Bruno, Shane Duffy, Lewis Dunk, Gaëtan Bong, Pascal Groß, Dale Stephens, Davy Pröpper, Anthony Knockaert, Solly March, Glenn Murray

1.9K