sepakbola

Dua Tim Besar Akan Berlaga Di Ulang Tahun Persija

Senin, 27 November 2017 14:59 WIB
Penulis: Yohanes Paulus Arianto Namang | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Dirgahayu Persija 89 Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Dirgahayu Persija 89

Persija Jakarta akan merayakan ulang tahunnya ke-89 pada Selasa, 28 November 2017, di Jakarta. 

Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun klub yang telah berdiri sejak 1928 itu, manajemen klub hanya mengadakan tasyakuran tanpa ada gelaran trofeo Persija sebagaimana tradisi yang ada di Macan Kemayoran.

© INDOSPORT
PSMS Medan, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Persebaya Surabaya. Copyright: INDOSPORTPSMS Medan, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Persebaya Surabaya adalah rivalitas abadi sepakbola Indonesia.

"Kami akan mengundang beberapa anak yatim di sekitaran kantor, lalu Wakil Gubernur DKI Jakarta, dan pak Ferry Paulus", ungkap Direktur Utama Persija Gede Widiade. 

"Untuk Trofeo Persija kemungkinan besar tidak digelar. Para pemain juga masih berlibur", tambahnnya. 

Deja vu 39 tahun silam

Meski demikian, pada hari yang sama akan dihelat pertandingan final Liga 2 Gojek Traveloka yang mempertemukan 2 klub sarat sejarah yakni PSMS Medan vs Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (28/11/2017). 

PSMS Medan memastikan tiket ke babak final setelah menang 2-0 atas PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (25/11/2017). 

PSMS Medan akan berhadapan dengan Bajul Ijo yang pada laga sebelumnya berhasil memastikan tiket lolos ke Liga 1 dengan mengalahkan Martapura FC 3-1. 

Meski secara langsung Persija tidak terlibat aktif dalam duel antara PSMS dan Persebaya, namun ketiga tim ini punya ikatan emosional yang sama di masa lalu. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi PSMS Medan vs Persebaya Surabaya. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTPrediksi PSMS Medan vs Persebaya Surabaya.

39 tahun lalu, ketika Persija merayakan pesta emas hari jadinya, seperti biasa Macan Kemayoran mengadakan Trofeo Persija. Dua tim yang diundang untuk memperebutkan Piala Fatahillah tak lain adalah PSMS Medan dan Persebaya. 

Di hari ulang tahunnya itu, Persija mampu menggilas PSMS Medan dengan skor 3-2. Tiga gol Persija itu dicetak oleh John Lesnusa. 

Sementara laga melawan Persebaya merupakan partai balas dendam bagi Persija. 9 bulan sebelum Trofeo Persija, Persebaya berhasil menundukkan Persija 4-3 di final Piala Perserikatan. 

Di partai ulangan kali ini, Persija berhasil menaklukan Bajul Ijo dengan skor 2-0 dan mengangkat Piala Fatahillah sebagai kado indah bagi seluruh penggemarnya di hari ulang tahunnya itu. 

Apa yang bakal terjadi dengan laga final Persebaya vs PSMS di ulang tahun Persija? Kita tunggu jawaban sang waktu. 

1.5K