Piala Dunia 2018

Awas Socceroos! Ini Deretan Negara yang Pernah Batal Tampil di Piala Dunia

Jumat, 1 Desember 2017 12:58 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia Rusia 2018. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Akhir-akhir ini publik sepakbola dunia diributkan dengan isu batalnya Australia dan Peru mengikuti Piala Dunia 2018. 

Federasi sepakbola Australia (FFA) tengah dilanda konflik internal karena ketuanya, Steven Lowy, tengah berkonflik dengan klub-klub A-League, asosiasi persatuan para pemain, dan federasi negara bagian lantaran mereka menolak kongres tahunan yang digelar oleh Lowy.

Melihat situasi tersebut, FIFA pun berencana mengambil alih dengan membentuk Komite Normalisasi. Hal ini tentu berimbas kepada Timnas Australia yang bisa saja terancam dikeluarkan dari Piala Dunia 2018. Jika kenyataan pahit tersebut benar, maka FIFA berhak mengganti Australia di Piala Dunia 2018. Melihat situasi ini, secercah harapan pun datang untuk Timnas Suriah dan Honduras.

Kondisi yang kurang lebih sama terjadi dengan Peru. Timnas Peru berhasil lolos ke Piala Dunia 2018 usai menang agregat 2-0 atas Selandia Baru pada play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 antar benua. Kini, FIFA dikabarkan akan mendepak Peru terkait isu intervensi pemerintah yang mencuat. Hal itu dikarenakan, ada kemungkinan campur tangan negara pada asosiasi sepakbola di Peru.

© Istimewa
Skuat Timnas Australia. Copyright: IstimewaSkuat Timnas Australia.

Hal ini jelas bertentangan dengan aturan yang diberlakukan oleh FIFA. Pasalnya, FIFA siap menangguhkan tim dan anggota terkait dari kompetisi internasional jika adanya intervensi berlebihan dari pihak pemerintah. Oleh sebab itu, jika nantinya pihak negara benar-benar mengambil alih asosiasi sepakbola Peru, bukan tidak mungkin jika FIFA akan mengambil langkah untuk mendepak La Blanquirroja dari kompetisi akbar dunia itu.

Nah, dalam sejarah panjang penyelenggaraan Piala Dunia, ternyata ada sejumlah negara yang benar-benar pernah batal mengikuti turnamen empat tahunan tersebut walapun sudah mengantongi tiket ke putaran final. Alasannya pun beragam, mulai dari yang masuk akal sampai yang konyol. 

Berikut ini INDOSPORT telah rangkum siapa-siapa saja negara tersebut dan di tahun berapa mereka absen. 

274