Pemerintah Rusia Batasi Asupan Alkohol Bagi Suporter Inggris di Piala Dunia 2018

Jumat, 1 Desember 2017 14:59 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Daily Mail
Keributan antara suporter Inggris dengan Rusia di ajang EURO 2016. Copyright: © Daily Mail
Keributan antara suporter Inggris dengan Rusia di ajang EURO 2016.

Rusia, sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, akan membatasi asupan alkohol bagi fans Timnas Inggris selama berada di Rusia. Hal itu dilakukan untuk mengurangi potensi kericuhan yang terjadi antar suporter. 

Kebijakan ini diambil karena selama ini pendukung Inggris dikenal sebagai penggemar alkohol. Dampaknya, mereka menjadi mabuk dan sering bentrok dengan fans tim-tim lain.

Tentunya kita masih ingat kasus bentrokan yang terjadi antara fans asal Inggris dengan fans dari Rusia di Stadion Stade Velodrome, Prancis, pada Piala Eropa 2016 lalu. Suporter Inggris sendiri memang dikenal mempunyai hubungan yang kurang baik dengan suporter Rusia.

Dikutip dari dailymail.co.uk, kepala Pariwisata Rusia, Igor Karzov, pun menyampaikan himbauan langsung kepada suporter Timnas Inggris pada acara Roadshow Russian 2018 di London. Ia ingin fans Inggris hanya mengonsumsi maksimal satu liter bir saja sebelum atau sesudah menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018. Pihaknya menginginkan agar Piala Dunia 2018 tak diwarnai insiden bentrokan antarsuporter.

"Fans Inggris suka minum (alkohol), dalam jumlah yang banyak. Semua orang tahu itu. Jadi kami tidak dapat menjamin keamanan saat fans mabuk. Oleh karena itu, kami ingin memastikan bahwa Anda (fans timnas Inggris) tidak banyak mengonsumsi minuman saat berada di Rusia," katanya seperti dikutip dari The Telegraph.