Pindah-pindah Klub, Comvalius Bandingkan Kompetisi Indonesia dengan Luar Negeri

Sabtu, 2 Desember 2017 09:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT/M. Fahmi
Pemain asing anyar Bali United, Sylvano Dominique Comvalius. Copyright: © INDOSPORT/M. Fahmi
Pemain asing anyar Bali United, Sylvano Dominique Comvalius.

Sylvano Comvalius telah resmi berlabuh ke klub salah satu Liga Primer Thailand, yakni Suphanburi FC. Comvalius sendiri dikontrak selama dua musim ke depan.

Usai selama satu musim bermain di kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1, pemain 30 tahun itu membanding-bandingkan pengalamannya bermain di beberapa negera dan di Indonesia.

Menurutnya peraturan kompetisi di Indonesia sangat aneh karena bisa berubah secara tiba-tiba di tengah kompetisi berlangsung. Itu merugikan semua pihak.

"Anda cukup memperhatikan bahwa strukturnya belum benar-benar ada, misalnya peraturan disesuaikan sepanjang musim. Itu sangat menyebalkan sebagai orang asing," jelas Comvalius.

 

After a great season where I gave everything to help the club to play AFC Champions league for next year I have decided to “not” extend my contract with @baliunitedfc...It has been a verry verry difficult decission for me and my family😔, but after long and good talks with Mr. Yabes Tanuri we decided that going abroad is the best decission for my career right now.. Bali will always be my 2nd home and I hope the door will always be open to come back❤️.. • • • Thank you Mr. Yabes and Pieter Taenuri for giving me the oppurtunity to play in Indonesia🇮🇩 • Terima kasih all players, staff and people working for the club @baliunitedfc for this amazing season🙏🏾 • Terima kasih @baliunitedfc supporters... ✊🏾Serdadu tridatu⚫️🔴⚪️✊🏾 • And most importand.... Thank you beautifull Indonesia🇮🇩 for giving me so many memories and people showing ❤️ all over the country!!!!! #SYLVANOALWAYSBEARED🔴❌❌❌🔴 • • • Setelah satu musim yang hebat dimana saya memberikan segalanya untuk Bali United, saya telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Bali United. Tentu ini adalah keputusan yang sulit bagi saya dan keluarga saya. Tetapi setelah pembicaraan dengan Bapak Yabes Tanuri, kami memutuskan untuk pergi ke luar Indonesia. Saya rasa ini adalah keputusan yang terbaik untuk karir saya, Bali akan menjadi rumah kedua untuk saya dan saya berharap pintu akan selalu terbuka untuk saya kembali. • Terimakasih untuk Bapak Yabes dan Pieter Tanuri yang telah memberikan saya kesempatan bermain di Indonesia. • Terima kasih juga kepada seluruh pemain, staf pelatih dan juga semua orang yang telah bekerja keras bagi tim Bali United untuk satu musim yang luar biasa. • Terima kasih juga untuk seluruh suporter Bali United. • Dan yang paling penting, Terima kasih untuk keindahan Indonesia yang telah memberi saya begitu banyak kenangan dan orang-orang yang menunjukkan cinta diseluruh negara ini. #SYLVANOALWAYSBEARED🔴❌❌❌🔴

A post shared by Sylvano Comvalius (@sylvanocomvalius) on

"Dalam delapan tahun saya bermain di luar negeri (beberapa negara), saya tidak mengalami hal seperti itu," kata striker asal Belanda itu seperti dinukil laman Voetbal Zone.

Dirinya pun sempat merasa bangga sebagai pesepakbola asal Belanda yang pernah bermain di kompetisi teratas liga Indonesia. Pasalnya Comvalius juga membukukan rekor dengan 37 golnya selama satu musim.

© liga-indonesia.id
Selebrasi Sylvano Comvalius ke gawang Semen Padang. Copyright: liga-indonesia.idSelebrasi Sylvano Comvalius ke gawang Semen Padang.

"Hampir tidak ada orang Belanda yang pernah bermain di level tertinggi di sana. Ini adalah pasar yang sulit diintervensi sebagai pemain asing dan saya berhasil. Saya tentu saja sedikit bangga dengan diri saya sendiri," tandas Comvalius.

Comvalius sendiri tidak akan melupakan klub yang telah membesarkan namanya, yakni Bali United. Bahkan saat Bali sedang mengalami sabda alam dari Gunung Agung, dirinya tetap memberikan doa untuk masyarakat di sana.

1K