Liga 1

Legenda Persib Kritik Kebijakan PT LIB Pakai Wasit Asing

Sabtu, 2 Desember 2017 13:56 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Wasit Asing. Copyright: © Getty Images
Wasit Asing.

PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 saat ini masih melakukan berbagai evaluasi Liga 1 musim lalu. Legenda Persib Yudi Guntara pun angkat suara terkait jalannya kompetisi sepakbola tertinggi Tanah Air itu.

Sebelumnya ada kabar bahwa Liga 1 2018 rencananya akan digelar pada Februari 2018 mendatang. Yudi Guntara yang terbilang cukup aktif mengomentari jalannya kompetisi musim lalu menyarankan agar musim depan PT LIB hanya memakai wasit lokal.

Menurut Yudi, performa wasit lokal tidak kalah dengan wasit asing yang didatangkan musim lalu. Yudi mengambil contoh wasit asing yang memimpin laga antara Persib melawan Persija.

"Kalau menurut saya tidak perlu lagi wasit asing. Saya rasa dana untuk wasit asing bisa dipakai untuk melatih wasit lokal," ucap Yudi dilansir dari Tribun.

"Saya kira wasit lokal bisa lebih baik dari wasit asing. Kemarin saja, laga Persib lawan Persija, sudah terlihat bagaimana performa wasit asing."

© Borneofc.id
Wasit mengeluarkan kartu saat pimpin Madura United vs Borneo FC. Copyright: Borneofc.idWasit mengeluarkan kartu saat pimpin Madura United vs Borneo FC.

Selain menyarankan tidak lagi memakai wasit asing, Yudi menyarankan kepada PSSI dan PT LIB untuk lebih memerhatikan kesejahteraan wasit lokal.

"Saya kira kalau wasitnya sejahtera, tidak akan ada lagi peluang untuk menyuap wasit," ucap Yudi.

156