Menolak Amputasi, Kiper Brasil Ini Punya Sebelas Jari

Rabu, 6 Desember 2017 15:01 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© thesun
Edson Lisboa, pesepakbola Brasil dengan sebelas jari Copyright: © thesun
Edson Lisboa, pesepakbola Brasil dengan sebelas jari

Kiper asal Brasil, Edson Lisboa terlahir dengan sebelas jari. Satu jari lagi tumbuh pada ibu jarinya, yang membuat total jari yang ia miliki lebih dari sepuluh buah, seperti kebanyak orang lainnya. Namun banyak yang berpikir kekurangannya itu mampu membawa manfaat saat ia berlaga.

© glbimg.com
Edson Lisboa, pesepakbola Brasil dengan sebelas jari Copyright: glbimg.comEdson Lisboa, pesepakbola Brasil dengan sebelas jari

Pemain berusia 32 tahun tersebut memang memiliki perbedaan kondisi genetik lain yang menyebabkan dirinya memiliki jari tangan lebih dari sepuluh, seperti orang lainnya. Hingga banyak orang yang kemudian menyarankannya untuk menggunakan satu tangan khusus. 

"Banyak yang meminta saya untuk menggunakan sarung tangan khusus, tapi tidak. Tangan saya pas untuk sarung tangan normal," ungkap kiper yang kini membela ABC Futebol Clube di Serie C itu, dilansir the Sun. 

© INDOSPORT
Tite, pelatih Timnas Brasil. Copyright: INDOSPORTTite, pelatih Timnas Brasil.

Meski kelebihan jari, Lisboa sendiri merasa tak ada perubahan yang berarti terkait aksi penyelamatan yang ia lakukan dalam setiap laganya saat menjaga gawang dari serangan lawan. Ia sendiri menolak untuk melakukan operasi amputasi.

"Banyak yang bercanda, ketika saya menangkap bola mereka mengatakan saya dapat keuntungan dari keadaan saya ini. Terkadang mereka bertanya pada saya apakah mereka ingin saya menambah perawatan manicure," katanya lagi. 

Lisboa sendiri memulai karirnya bersama Atletico Mineiro, dari pelatihan sepakbola tingkat anak muda dan memperoleh promosi untuk tim profesional pertamanya pada 2005 lalu. Pelatih timnas Brazil  saat ini, Tite tercatat sebagai manajer klub Mineiro kala itu.

391