Bola Internasional

Mengenang John Lennon dan Ketertarikannya Terhadap Sepakbola

Jumat, 8 Desember 2017 23:38 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ocean
John Lennon. Copyright: © Ocean
John Lennon.

Hari ini tepat 37 tahun mantan personil The Beatles John Lennon tewas tertembak oleh seseorang yang mengaku penggemar beratnya. Kehilangan John tentu menimbulkan kesedihan berbagai pihak. Mengingat dirinya merupakan legenda dalam dunia bermusik.

Tak hanya itu, John juga merupakan salah seorang yang sangat menggemari sepakbola. Dirinya diketahui merupakan salah satu penggemar klub sepakbola Inggris, Liverpool.

Pasalnya, John merupakan musisi yang lahir di Kota Liverpool. Seperti yang diketahui, Liverpool dikenal sebagai kota fanatik sepakbola yang melahirkan dua klub sepakbola profesional. Namun, John lebih memilih mendukung The Reds dibandingkan dengan Everton.

Bahkan, dirinya bersama The Beatles sempat menciptakan lagu berjudul 'Dig It’ yang dimaksudkan untuk Liverpool. Dalam lagu tersebut John menyebutkan nama Matt Busby, yang merupakan pemain The Reds di era 1936-1941.

Ketertarikan John kepada Liverpool berawal dari ayahnya, yang menjadi penggemar klub yang kini ditangani Jurgen Klopp tersebut. John pun mendengar nama Busby dari sang ayah, hingga membuatnya mengikutsertakan nama sang pemain di album Let it Be.

© WordPress
walls and bridges Copyright: WordPressSampul album Walls and Bridges.

Petunjuk lainnya soal ketertarikan John dengan sepakbola muncul pada album Walls and Bridges. Pada sampul album tersebut, John membuat lukisan pertandingan sepakbola yang dibuatnya saat masih berusia 11 tahun.

© Amazon
walls and bridges Copyright: AmazonGambar John diduga laga Arsenal kontra Newcastle.

Banyak yang menduga bahwa gambar tersebut diduga laga final Piala FA 1952 antara Arsenal dengan Newcastle United. Bahkan, John pun dikabarkan mengidolai salah satu pemain The Magpies, Jackie Milburn pada waktu itu.

5