PSM Makassar Berhasil Telurkan 27 Pemain Muda dari Timur Indonesia

Minggu, 10 Desember 2017 14:43 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Abdurrahman Ranala
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Robert Rene Alberts. FOTO: Ian Setiawan/Indosport.com Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Robert Rene Alberts. FOTO: Ian Setiawan/Indosport.com

PSM Makassar makin menunjukkan keseriusannya dalam pembinaan pemain usia muda. Usai melakukan talent scouting di lima daerah, kini upaya tersebut sudah memasuki tahap akhir. Seleksi lanjutan calon pemain PSM U-19 dilaksanakan hari ini, Minggu (10/12/17) berhasil meloloskan 27 pemain.

Sebelumnya, ada 106 pemain dari 5 daerah Talent Scouting beberapa waktu lalu, di antaranya Tulehu, Kendari, Kupang, Mamuju, dan Makassar. Namun setelah mengikuti seleksi hari pertama, Sabtu (09/12/17) kemarin, hasilnya tersisa 60 pemain. Kemudian hari Minggu ini mereka  diseleksi lagi sampai tersisa 27 orang.

Tercatat ada 18 pemain dari kota Makassar, 2 orang dari Kendari,  3 orang dari Tulehu, 2 orang dari Kupang, dan 2 orang dari Mamuju. Seleksi ini dipantau langsung oleh pelatih kepala, Robert Rene Alberts, yang didampingi para asisten pelatih. Mereka memantau calon pemain yang berposisi sebagai bek, gelandang, kiper dan penyerang. 

© Internet
Asnawi Mangkualam Bahar, Kapten Timnas U-19 Copyright: InternetAsnawi Mangkualam Bahar, Kapten Timnas U-19

Selanjutnya 27 pemain ini akan dipulangkan kembali ke kampung halaman masing-masing dan akan dipanggil kembali. Hal ini dilakukan agar manajemen PSM Makassar terlebih dahulu bisa menyelesaikan segala sesuatu terkait pembinaan para pemain muda ini.

"Termasuk pelatih untuk tim Junior, mess hingga lapangan latihannya. Segera mereka kita akan panggil kembali," ujar pelatih Robert Rene Alberts seperti dilansir Tribun Timur.

© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Penggawa PSM Makassar. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTPenggawa PSM Makassar.

Sementara itu, Media Officer PT Persaudaraan Sepakbola Makassar, Andi Widya Syadzwina mengatakan, seleksi ini juga diikuti 10 pemain dari tim PSM U-19 yang berkiprah di kompetisi Liga 1 U-19 musim lalu.

Meski prestasi pasukan ramang muda ini anjlok musim lalu, tapi beberapa pemain dinilai masih memiliki kemampuan dan masih bisa ditingkatkan lagi, sehingga mereka diikutkan seleksi bersama pemain dari daerah lain.

"Yang dari Makassar, jumlah itu (pemain lolos) sudah termasuk beberapa pemain PSM U-19 yang lalu," imbuhnya.

73