Final Pertiwi Cup 2017, Dua Tim Indonesia Timur Saling 'Jotos'

Senin, 11 Desember 2017 22:02 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Pertiwi Cup 2017. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Pertiwi Cup 2017.

Kompetisi Women's Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017 telah memasuki partai puncak. Laga tersebut akan dimaikan pada hari Rabu (13/12/12) di Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang.

Pada laga semi final Pertiwi Cup 2017, tim dari Kalimantan Barat sukses mengalahkan wakil dari Jawa Barat dengan skor 2-1. Kemenangan itu membuat Kalimantan Barat melaju ke laga final.

© PSSI
Tim Papua Pertiwi Cup 2017 Copyright: PSSITim Papua Pertiwi Cup 2017.

Timnya lolos ke partai final pelatih tim Kalimantan Barat, Sofie Imam Faizal merasa sangat bersyukur. Sebab pencapaian mereka diluar dugaan.

"Bersyukur kami mampu lolos ke babak final untuk pertama kalinya. Ini sangat membanggakan dan menjadi hal yang luar biasa bagi Kalimantan Barat. Permainan kedua tim tadi sama-sama menarik, namun kita lebih beruntung," jelas Sofie seperti dinukil situs resmi PSSI.

Sementara itu tim dari ujung timur Indonesia, yakni Papua berhasil mengubur impian Bangka Belitung. Papua mampu mengandaskan lawannya lewat drama adu penalti dengan skor 6-5, usai bermain imbang 3-3 sampai babak perpanjangan waktu.

Pelatih Papua, Semuel Welya awalnya sempat khawatir karena tim lawan mampu membuat imbang kedudukan. Sebab para pemainnya sedikit lengah.

© Indosport/M Effendi
Tim Babel lolos ke 8 Besar Pertiwi Cup 2017 Copyright: Indosport/M EffendiTim Babel lolos ke 8 Besar Pertiwi Cup 2017

"Kami bersyukur mampu lolos ke final meski harus lewat drama adu penalti. Kita hari ini banyak peluang yang harusnya menjadi gol, namun itu tidak terjadi. Pemain telah berjuang maksimal," kata Semuel.

Piala Pertiwi merupakan turnamen sepak bola wanita tertinggi di Indonesia ini sekaligus menjadi ajang tes event persiapan Indonesia menuju Asian Games 2018 dimana Palembang menjadi salah kota tuan rumah.

Pada tahun ini, format menggunakan sistem setengah kompetisi dimana 12 tim dibagi dalam dibagi dalam empat grup. Nantinya setiap juara dan runner up grup akan mewakili grup masing-masing di ajang delapan besar. Lalu pemenang babak delapan besar lolos ke semi final. Dan dua tim pemenang semi final akan lolos ke babak final.

Berikut ini jadwal Women’s Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017, Rabu (13/12/17).

Perebutan posisi tiga:
Jawa Barat vs Bangka Belitung, pukul 15.00 WIB.
Final:
Kalimantan Barat vs Papua, pukul 08.00 WIB.

18