Liga Indonesia

Jelang Liga 1 2018, Pemain Ini Buat Persib Bandung Cemas

Jumat, 15 Desember 2017 00:09 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport/Arif Rahman
Pemain senior Persib Bandung, Tantan. Copyright: © Indosport/Arif Rahman
Pemain senior Persib Bandung, Tantan.

Dokter tim Persib Bandung, M Rafi Ghani masih saja cemas dengan kondisi para pemainnya. Sebagai seorang dokter, sudah menjadi kewajibannya untuk memantau perkembangan para penggawa Maung Bandung, terutama yang tengah cedera seperti Sergio van Dijk dan Kim Jeffrey Kurniawan.

Namun belakangan ini, kondisi kedua pemain berdarah asing tersebut dikabarkan membaik. Walau begitu, hal tersebut tak membuat Rafi lega dan tampak cemas dengan salah satu penggawa Persib lainnya, Tantan.

Ya, penyerang asal Lembang Kabupaten Bandung Barat ini masih mengalami masalah karena mengalami retak tulang tibia pada kaki kanannya. Hal tersebut tak kunjung membaik dalam empat bulan terakhir.

"Kita akan bawa Tantan ke spesialis orthopedi. Nanti kita lihat, apakah perlu tindak lanjut atau seperti apa," ujar Rafi di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani Bandung, Kamis (14/12/17).

© Muhammad Ginanjar/Indosport
M Rafi Ghani, dokter tim Persib Bandung. Copyright: Muhammad Ginanjar/IndosportM Rafi Ghani, dokter tim Persib Bandung.

Namun Rafi tidak terlalu khawatir dengan kondisi yang dialami Tantan. Sebab cedera yang didapatnya sudah berangsur membaik dibandingkan saat pertama kali dialami.

"Tapi kalau melihat Tantan, pemulihan cedera ini akan cepat, karena saya tahu Tantan seperti apa meskipun pada umumnya waktu pemulihan patah tulang memakan waktu sampai enam bulan," tuturnya.

Guna menghindari kejadian serupa di musim 2018 mendatang, Rafi akan lebih dulu melakukan medical check up kepada seluruh pemainnya.

© suarabobotoh
Striker Persib Bandung, Tantan. Copyright: suarabobotohPemain Persib Bandung, Tantan.

"Kalau pemain sudah kumpul semua, kita laksanakan medical check up. Nanti saya koordinasi dengan pelatih kepala untuk minta waktu lakukan tes kesehatan. Karena sangat penting untuk saya sebagai Dokter, ingin mengetahui kesehatan pemain secara keseluhan dari mulai riwayat penyakit dulu, penyakit sekarang, riwayat alergi, keluarga, semua ditanya," pungkasnya.

64