Liga Inggris

Bournemouth 0-4 Liverpool: Kembali ke Zona Liga Champions!

Senin, 18 Desember 2017 01:23 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Skuat Liverpool merayakan gol yang dicetak oleh Dejan Lovren. Copyright: © INDOSPORT
Skuat Liverpool merayakan gol yang dicetak oleh Dejan Lovren.

Liverpool melakoni laga tandang ke Vitality Stadium, kandang Bournemouth dalam pertandingan Liga Primer Inggris pekan ke-18. Bermain melawan tim papan bawah, The Reds berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-0.

Babak Pertama

Liverpool hampir menurunkan skuat terbaiknya saat melakoni laga tandang ke kandang Bournemouth. Dengan formasi 4-3-3, Roberto Firmino yang ditunjuk sebagai penyerang tengah ditemani oleh Mohamed Salah dan Philippe Coutinho dari lini sayap.

Hanya Sadio Mane yang tidak diturunkan di laga ini. Pemain Timnas Senegal itu digantikan oleh Alex Oxlade-Chamberlain di sayap tengah, yang mana ditemani oleh Jordan Henderson dan Gini Wijnaldum.

Perbedaan kualitas ditunjukkan di babak pertama ini. Terbukti, The Reds mampu membuka keunggulan ketika pertandingan baru berjalan 20 menit. Aksi individual Philippe Coutinho tak mampu dihalangi oleh para pemain Bournemouth. 1-0 Liverpool membuka keunggulan

Enam menit berselang, giliran Dejan Lovren yang mampu mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari tendangan pojok, bola yang berhasil dihalau pemain Bournemouth sejatinya nyaris keluar meninggalkan lapangan. Beruntung, dengan cekatan Firmino menahan bola tersebut sambil mengarahkannya ke arah Lovren. 2-0 The Reds mulai menjauh.

Satu menit sebelum laga usai, bintang baru Liverpool, Mohamed Salah, berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Mantan pemain AS Roma itu juga mengandalkan kekuatan individunya, dengan mengelabui beberapa pemain Bournemouth sebelum menceploskan bola ke jaring Begovic. 3-0 Liverpool memimpin di babak pertama.

Babak Kedua

Tidak ada perubahan skema yang berarti pada babak kedua kali ini. The Anfield Gank masih dengan leluasanya menguasai akan jalannya pertandingan, dan beberapa kali mengancam lini pertahan tuan rumah.

Puncaknya adalah di menit 66. Pemain nomor 9 Liverpool, Roberto Firmino, lolos dari jebakan offside dan turut andil dalam pembantaian kali ini setelah menyundul bola hasil umpan matang Philippe Coutinho. 4-0 Liverpool menggila.

Unggul empat gol di kandang lawan membuat anak asuh Jurgen Klopp mulai menurunkan tempo permainan. Klopp pun menarik Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Philippe Coutinho untuk menjaga kebugaran mereka. Ketiganya digantikan oleh Lallana, Solanke, dan Dany Ings.

Hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan, keunggulan empat gol Liverpool tak terbantahkan. The Reds pun berhasil meraup poin penuh, dan kembali ke zona Liga Champions dengan raihan 34 poin, unggul satu poin dari Arsenal di posisi lima.

Berikut starting XI kedua tim:

Bournemouth: 27-Asmir Begovic; 15-Adam Smith, 2-Simon Francis, 5-Nathan Ake, 11-Charlie Daniels; 33-Jordon Ibe, 16-Lewis Cook, 6-Andrew Surman, 7-Marc Pugh; 17-Joshua King; 18-Jermaine Defoe

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 12-Joe Gomez, 6-Dejan Lovren, 17-Ragnar Klavan, 26-Andrew Robertson; 21-Alex Oxlade-Chamberlain, 14-Jordan Henderson, 5-Georginio Wijnaldum; 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino, 10-Philippe Coutinho

554