Liga Italia

Tak Diturunkan di Laga Kontra Roma, Buffon Bakal Sulit Pecahkan Rekor Maldini

Rabu, 20 Desember 2017 06:19 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© Getty Images
Gianluigi Buffon meluapkan emosinya pasca kegagalan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Gianluigi Buffon meluapkan emosinya pasca kegagalan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018.

Gianluigi Buffon telah mengumumkan akan pensiun pada akhir musim nanti. Kiper Juventus dan Timnas Italia ini sudah tak punya gairah lagi sejak gagal menembus putaran utama Piala Dunia 2018.

Sebagai pemain dengan jam terbang sangat tinggi, rencana pensiun Buffon ini bisa melahirkan dua rekor pribadi. Hingga saat ini, Buffon telah mengoleksi 9 scudetti. Catatan ini menyamai rekor yang juga pernah ditorehkan  Virginio Rosetta, Giovanni Ferrari, dan Beppe Furino.

Seandainya Bianconeri mampu mengulang sukses musim lalu, maka Buffon akan menjadi pemain pertama yang meraih 10 scudetti sepanjang sejarah sepak bola Italia. Gigi Buffon bisa tersenyum bangga saat menjalani pensiunnya kelak.

© INDOSPORT
Gianluigi Buffon tampak bangga pasca mematahkan tendangan penalti Diego Farias. Copyright: INDOSPORTGianluigi Buffon tampak bangga pasca mematahkan tendangan penalti Diego Farias.

Selain itu, kiper 39 tahun itu masih berkesempatan untuk menyamai dan melewati rekor penampilan milik Paolo Maldini. Legenda hidup AC Milan itu telah menorehkan 647 penampilan di Serie A. Sementara Buffon sudah meraih 629 penampilannya di Serie A.

Namun, rekor ini akan berat untuk dipecahkan Buffon. Pasalnya, menurut pelatih Max Allegri, Buffon akan diistirahatkan dalam laga kontra AS Roma, akhir pekan nanti. Dia diistirahatkan Allegri agar bisa lebih fit ketika tampil kembali usai tahun baru nanti.

Jika akhirnya Buffon tak bermain di laga kontra Roma, maka dia hanya akan memiliki 20 pertandingan lagi bersama Juventus. Dengan berasumsi bahwa Buffon selalu tampil di laga tersisa musim ini, Buffon tetap butuh minimal 18 laga untuk menyamai jumlah penampilan Maldini.

Untuk bisa memecahkan rekor tersebut, maksimal Maldini hanya bisa melakoni 20 partai. Jumlah yang relatif pas-pasan dengan upayanya untuk memecahkan rekor penampilan secara pribadi.

Dengan total 20 laga Serie A yang kini masih disisakan Juventus, maka peluang Buffon untuk menjadi pemain paling sering tampil di Serie A bakal berat. Karena tidak menutup kemungkinan Buffon kemabali diistirahatkan Allegri di sisa laga musim ini.