Liga Indonesia

Media Ternama Spanyol Soroti Kepindahan Eks Rekan Pep Guardiola ke Mitra Kukar

Rabu, 20 Desember 2017 17:37 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Ahmad Priobudiyono
© lavozdegalicia.es
Rafa Berges saat memperkuat Celta Vigo. Copyright: © lavozdegalicia.es
Rafa Berges saat memperkuat Celta Vigo.

Rafael Beges Marin resmi menjadi pelatih anyar Mitra Kukar dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2018. Ditunjuknya Rafael Berges sebagai pelatih Si Naga Mekes diumumkan langsung melalui akun resmi Twitter klub, @MitraKukar.

"Selamat Datang Rafael Berges Marin, pelatih kepala baru Mitra Kukar FC dari Spanyol," tulis Mitra Kukar.

Rupanya kabar bergabungnya Rafael Berges disoroti oleh salah satu media ternama Spanyol, Diario Cordoba. Media yang berbasis di Cordoba, Andalusia, Spanyol selatan itu menuliskan bahwa Berges menolak tawaran dari beberapa klub Spanyol Segunda B demi mencari peruntungan di Indonesia.

© Cordoba
Media Spanyol, Diario Cordoba, soroti kepindahan Rafa Berges ke Mitra Kukar Copyright: CordobaMedia Spanyol, Diario Cordoba, soroti kepindahan Rafa Berges ke Mitra Kukar

Dalam artikelnya, Cordoba juga membeberkan jika Rafael Berges dikontrak klub berjuluk Si Naga Mekes selama semusim tepatnya dari Februari sampai Oktober 2018. Berges menyusul rekan senegaranya Luis Milla yang sudah lebih dulu berkarier di Indonesia. Milla dikontrak PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia sampai Asian Games 2018 selesai.  

Di Mitra Kukar, Berges akan satu tim dengan bek asal Spanyol, Jorge Gotor yang sudah membela klub asal Tenggarong, Kalimantan Timur dari awal tahun 2017.

Rafael Berges Marin merupakan mantan pemain Timnas Spanyol U-21 dan U-23. Bersama Pep Guardiola dan Luis Enrique, dia pernah membawa Spanyol meraih medali emas di Olimpiade 1992. Semasa aktif menjadi pemain, pelatih berusia 46 tahun itu pernah memperkuat beberapa klub Spanyol diantaranya Cordoba, Tenerife, dan Celta Vigo.

27