Bursa Transfer

Bak 'Operasi Senyap', PSM Makassar Segera Umumkan Pemain Baru Mereka

Kamis, 21 Desember 2017 15:25 WIB
Penulis: Reno Firhad Rinaldi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Munafri Arifuddin (kanan) dan Robert Rene Alberts tengah tengah berbincang. Copyright: © Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Munafri Arifuddin (kanan) dan Robert Rene Alberts tengah tengah berbincang.

Ibarat "operasi senyap" tengah dilakukan oleh manajemen PSM Makassar dalam memburu para pemain barunya di bursa transfer kali ini. Dibandingkan tim-tim kontestan Liga 1 lainnya, PSM terlihat salah satu tim yang paling "adem ayem".

Akan tetapi, bukan berarti manajemen PSM berdiam diri. Manajemen tim Juku Eja sebelumnya telah mengontrak dua pemain asing mereka, Marc Klok dengan durasi empat tahun ke depan serta Willem Jan Pluim dengan durasi 5 tahun.

Di sisi lain, pelatih Robert Rene Alberts juga mendapatkan kontrak baru selama empat tahun. Hal ini tentunya menjadi terobosan baru di sepakbola Indonesia karena biasanya tim hanya mengontrak satu tahun pemainnya.

CEO PSM, Munafri Arifuddin pun membeberkan alasannya mengapa ia melangsungkan "operasi senyap" pada bursa transfer ini. Appi, sapaan akrabnya, mengaku bahwa manajemen PSM masih harus menghormati para pemain incarannya yang masih terikat kontrak dengan klub lamanya.

"Mungkin untuk yang mengikuti dari tahun lalu pasti tahu, kita dalam proses perburuan itu tidak pernah menggembar-gemborkan karena kita menghormati banyak pemain yang masih terikat kontrak dengan tim lamanya, itukan terkait masalah etika," ungkap Appi pada Kamis (20/12/2017).

© Muhammad Nur basri/Indosport.com
Resmi diikuti tim Australia, PSM Gelar Tournament Supercup Asia. Copyright: Muhammad Nur basri/Indosport.comCEO PSM, Munafri Arifuddin  (tengah).

Selain itu, Appi juga menjelaskan bahwa PSM tidak akan banyak dirombak untuk musim depan. Justru kebalikannya, PSM ingin menambah lebih banyak pemain karena kompetisi tahun ini akan ada ajang Piala Indonesia yang tentunya membuat jadwal semakin padat.

Mengenai daftar pemain barunya, Appi tidak bias menjabarkannya saat ini dan berjanji akan memperkenalkan mereka dalam waktu dekat ini.

"PSM tidak akan dirombak besar, cuma akan ada penambahan karena pemain kita harus lebih banyak dari tahun kemarin karena ada Liga 1 dan Piala Indonesia, untuk siapa-siapa pemainnya, secepatnya akan kita umumkan," bebernya lagi.

44