Liga Spanyol

(KUIS) Real Madrid vs Barcelona: Laga Krusial Bagi El Real

Kamis, 21 Desember 2017 12:48 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Real Madrid vs Barcelona. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Real Madrid vs Barcelona.
© INDOSPORT
Real Madrid vs Barcelona (Susunan Pemain). Copyright: INDOSPORTReal Madrid vs Barcelona (Susunan Pemain).

Laga akbar akan tersaji di pekan ke-17 La Liga Spanyol. Real Madrid akan menjamu raksasa Catalan, Barcelona, dalam laga bertajuk El Clásico di Stadion Santiago Bernabeu pada Sabtu (23/12/17) pukul 19:00 WIB. Bagi kedua tim, ini adalah laga El Clásico pertama musim ini. 

Seperti yang sudah-sudah, laga ini dipastikan akan seru, panas, dan sarat gengsi. Dalam tiap pertemuan, begitu banyak yang dipertaruhkan, mulai dari gelar juara, penentuan pemain terbaik, serta gengsi antara Madrid dan Catalan dalam menentukan siapa yang terbaik di Spanyol. 

© INDOSPORT
Real Madrid vs Barcelona (Lima Laga Terakhir). Copyright: INDOSPORTReal Madrid vs Barcelona (Lima Laga Terakhir).

Khusus pada laga El Clásico kali ini, Real Madrid akan berambisi untuk menundukan Barcelona karena hal tersebut akan sangat menentukan peluang juara dari Los Blancos musim ini. 

Di klasemen sementara saat ini, Real Madrid tertinggal cukup jauh dari sang rival, Los Blancos duduk di posisi empat berselisih 11 poin dari Barcelona yang ada di puncak klasemen. Oleh karena itu, wajib bagi Real Madrid untuk bisa mengalahkan Barcelona di laga El Clásico edisi ke-234 ini jika ingin juara. Bisa dibilang, laga El Clásico ke-234 ini lebih krusial bagi Real Madrid ketimbang Barcelona. 

Sementara bagi Barcelona, kemenangan atau hasil imbang di laga El Clásico tentunya akan sangat menguntungkan bagi mereka. Jika menang, mereka akan memperlebar jarak dengan Madrid sampai 14 poin. Jika demikian, bukan tak mungkin Barcelona yang akan keluar sebagai juara di akhir musim. Walau begitu, bukan berarti Barça tanpa ancaman, Atlético Madrid saat ini terus membuntuti mereka dengan selisih 6 poin.

Real Madrid

Dari kubu Real Madrid, tim asuhan Zinedine Zidane ini tidak memiliki masalah cedera berarti di dalam tim. Raphael Varane pun sudah kembali fit untuk mengisi posisi bek tengah. Casemiro dan Sergio Ramos juga kembali bermain setelah selesai melewati masa hukuman. Sementara itu, dua pemain andalan Madrid di lini tengah, Isco dan Gareth Bale, keduanya sama-sama fit dan siap memperebutkan tempat di starting XI Real Madrid. 

Sang megabintang, Cristiano Ronaldo tentunya akan diturunkan Zidane sebagai andalan utama Madrid di laga Sabtu nanti. Ronaldo dikabarkan siap untuk laga El Clásico walau sempat bermasalah dengan betisnya dalam laga melawan Gremio. Sampai saat ini, sang peraih Ballon d'Or 2017 itu adalah pemegang rekor pencatak gol terbanyak Madrid di laga El Clásico dengan 16 gol. Walau masih kalah dengan Messi (21 gol), namun Ronaldo jadi yang tersubur dalam 8 tahun terakhir. 

Barcelona

Dari kubu tim tamu, bek tengah, Thomas Vermaelen, diproyeksikan akan turun sebagai starter di laga ini. Sementara untuk lini tengah, Andres Iniesta kembali akan diduetkan dengan Ernesto Valverde untuk menguasai lapangan tengah. Namun, ada kemungkinan juga formasi klasik dengan Busquets, Iniesta dan Rakitic yang akan diturunkan. Di bagian sayap, sepertinya Sergio Roberto akan lebih diutamakan untuk turun sebagai starter ketimbang Nelson Semedo. 

Saat ini, Lionel Messi berada di atas daftar pencetak gol El Clásico, namun Messi selalu gagal merobek gawang Madrid dalam enam edisi El Clásico terakhir. Sementara Ronaldo, semenjak kedatangannya di musim 2009/2010, dirinya telah membuat 16 gol, yaitu angka yang lebih banyak dibandingkan Messi dalam kurun waktu yang sama.

Selain itu, laga ini menjadi menarik karena akan menjadi laga terakhir bagi Ronaldo dan Messi di tahun 2017 ini. Keduanya saat ini sama-sama mengoleksi 53 gol sepanjang 2017 (bersama dengan Lewandowski). Itu artinya, siapa yang mencetak gol lebih banyak di laga ini, besar kemungkinan keluar sebagai pencetak gol paling subur seantero Eropa di tahun 2017. 

© INDOSPORT
Real Madrid vs Barcelona (Komentar Indosport). Copyright: INDOSPORTReal Madrid vs Barcelona (Komentar Indosport).
120