In-depth

Membedah Arabian Gulf League, Liga Terbaik di Asia Versi AFC

Sabtu, 23 Desember 2017 16:42 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Arabian Gulf League. Copyright: © INDOSPORT
Arabian Gulf League.

Liga Sepakbola Uni Emirat Arab atau Arabian Gulf League meneruskan dominasinya dalam rangking kompetisi AFC. Untuk keempat kalinya di tahun 2017 ini, Arabian Gulf League ditetapkan menjadi liga terbaik di Asia dalam daftar yang dirilis AFC 15 Desember lalu. 

Sebelumnya, Arabian Gulf League juga menjadi liga dengan peringkat teratas pada Februari, Juni dan Oktober. Arabian Gulf League mengungguli 45 liga lain dengan perolehan poin 95.428 . Ditempat kedua ditempati Liga Korea Selatan K-League dan tempat ketiga ditempati Liga China, Q-League. Melengkapi lima besar ada Liga Arab Saudi, dan Liga Jepang K-League. 

Kesuksesan Arabian Gulf League menjadi liga terbaik di Asia salah satunya adalah karena penampilan klub-klub asal Uni Emirat Arab di Liga Champions Asia yang cukup memukau. Pada tahun 2015 Al-Ahli menjadi runner up Liga Champion Asia, dan tahun berikutnya 2016 giliran Al-Ain yang menjadi runner up Liga Champions. Al-Ain juga pernah menjadi runner up tahun 2005 lalu, dan menjadi juara pada tahun 2003. 

© INDOSPORT
Arabian Gulf League. Copyright: INDOSPORTArabian Gulf League.

Keberhasilan Al-Ain pada tahun 2003 lalu yang membuka jalan tim-tim asal UEA mendapat jatah lebih banyak di Liga Champions Asia. Dari yang tadinya hanya satu tiket di tahun 2003, hingga di tahun 2017 ini UEA mendapat jatah 4 klub. 3 jatah langsung didapat Al-Ahli, Al-Jazira dan Al-Ain, sedangkan jatah kualifikasi didapat Al-Wahda. 

Meski dari empat klub yang berlaga di Liga Champions Asia, hanya Al-Ain yang mampu melaju ke perempatfinal. Namun itu sudah cukup untuk menambah perolehan poin UEA di rangking kompetisi AFC. 

Selain karena prestasi klub-klubnya di Liga Champions Asia, keberhasilan Arabian Guld League menjadi liga terbaik tak lepas dari kemampuan federasi sepakbola negara tersebut mengelola liga secara profesional. Pada bulan november lalu Pro League Committe (operator liga UEA) mendapatkan penghargaan Best Football Organisation of The Year di SPIA Asia Awards. PLC juga memenangkan 2017 AFC League Development Programme Award bulan desember ini.

Berikut ini INDOSPORT telah merangkum beberapa fakta mengenai Arabian Gulf League:

87