Liga Spanyol

Pelatih Barca Sebut Pemain Ini Kunci Kemenangan di Laga El Clasico

Senin, 25 Desember 2017 08:23 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
© Twitter/FCBarcelona
Ernesto Valverde. Copyright: © Twitter/FCBarcelona
Ernesto Valverde.

Berhasil menumbangkan rival abadi tentunya akan menjadi momen yang sangat indah bagi setiap klub. Hal itu kini dirasakan oleh Barcelona yang berhasil mempermalukan Real Madrid di Santiago Bernabeu.

Pada laga bertajuk EL Clasico tersebut, Blaugrana sukses keluar sebagai pemenang dengan skor meyakinkan 3-0. Gol tersebut disarangkan Luis Suarez pada menit ke-54, Lionel Messi (64’) dan Aleix Vidal di penghujung babak kedua.

Kendati demikian, pelatih Ernesto Valverde menyebut kunci kemenangan Barcelona bukan dari tiga pemain tersebut. Mantan pelatih Athletic Bilbao itu menilai bahwa Marc-Andre ter Stegen lah yang menjadi sosok penting pada laga El Clasico kemarin.

Pasalnya, kiper berkebangsaan Jerman tersebut berhasil menjaga gawang Barcelona tetap steril sepanjang pertandingan. Hal itu lah yang membuat lini serang Blaugrana asyik menyerang selama laga berjalan.

© Urbanandsport/NurPhoto via Getty Images
Kiper utama Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Copyright: Urbanandsport/NurPhoto via Getty ImagesKiper utama Barcelona, Marc-Andre ter Stegen.

“Ter Stegen fundamental untuk kami atas penyelamatan-penyelamatan yang ia buat, karena ia adalah pemain yang memulai pergerakan kami,” ujar Valverde dilansir dari soccerway.

Kegemilangannya itu tak terlepas dari ketenangannya saat menghadapi beberapa tekanan dari kubu lawan. Melihat kondisi ini pun membuat Valverde memuji sang kiper dengan setinggi langit.

“Kadang kami agak gugup ketika kami memiliki bola di dekatnya, tapi ia selalu sangat tenang. Mereka selalu memiliki seorang pemain di dekatnya dengan ancaman merebut bola tapi dia membaca permainan dengan baik,” tambahnya.

294