Liga Indonesia

Bukan 20 Tim, Liga 1 Musim Depan Tetap 18 Klub

Sabtu, 30 Desember 2017 09:49 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Liga 1
Logo Liga 1.

Rencana beberapa tim degradasi Liga 1 musim lalu untuk bertahan di kasta tertinggi sepakbola Indonesia pupus sudah. Peserta strata teratas Liga Indonesia pada tahun depan tetap berjumlah 18 klub.

Sebelumnya, Persiba Balikpapan menggulirkan wacana kompetisi Liga 1 diikuti oleh 20 tim. Bukan 18 klub seperti saat ini. Upaya itu akan dilakukan tim berjuluk Beruang Madu tersebut di kongres tahunan PSSI pada 13 Januari 2018.

Persiba bersama Semen Padang dan Persegres Gresik United merupakan tiga tim Liga 1 yang turun kasta pada musim depan. Kalau wacana 20 klub berujung kenyataan, degradasi Beruang Madu dan Semen Padang bakal teranulir.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi dengan tegas menjelaskan bahwa tidak ada yang berubah dalam regulasi peserta Liga 1 pada musim depan. Sebanyak 18 klub akan mengikuti kompetisi, termasuk tiga tim promosi dari Liga 2.

“Nah, jumlah peserta yang bermain di Liga 1 tentunya 18 klub karena itu sudah dibicarakan jauh-jauh hari di mana sebelum mulainya liga 1 2017 pun sudah disampaikan, bahwa peserta di Liga 1 itu akan diikuti oleh 15 klub yang bertahan di urutan 1-15 di Liga 1 2017, termasuk tiga klub promosi dari Liga 2 yaitu Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang,” ujar CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya ketika dihubungi wartawan.

© internet
PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Copyright: internetPT Liga Indonesia Baru (PT LIB).

Menurut Risha, segala poin yang tertuang di regulasi Liga Indonesia nantinya akan diputuskan pada Kongres PSSI. Terutama untuk menjawab rumor yang beredar bahwa kompetisi bakal terbagi ke dalam empat jenjang.

“Kalau bicara program tentunya kita bicara program yang namanya kompetisi. Kompetisi Liga 1 dan seterusnya. Di mana yang sudah pasti adalah kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Untuk Liga 3 dan Liga 4 itu kan kita masih menunggu arahan dari PSSI. Tentunya PSSI akan melegalitaskan hal ini di kongres di tanggal 13 Januari. Itu ibaratnya akan disahkan di kongres tersebut,” tutup Risha.

166