Liga Indonesia

Perbaiki Kualitas Wasit Indonesia, PSSI Datangkan 2 Penilai Wasit Dunia

Sabtu, 30 Desember 2017 15:38 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Galih Prasetyo
© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Ratu Tisha dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19. Copyright: © Wildan Hamdani/INDOSPORT
Ratu Tisha dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku induk sepakbola tertinggi Indonesia terus membenahi kualitas sepakbola Indonesia. Kini, PSSI tengah merancang untuk mendatangkan dua penilai wasit (referee assessor) untuk membenahi perwasitan di Indonesia.

Sebelumnya, PSSI telah mengundang secara khusus FIFA Referee Manager, Kari Seitz. Rencananya, Seitz akan menetap di Indonesia selama beberapa pekan untuk membantu meningkatkan kualitas wasit lokal. Kini, PSSI kembali membuat terobosan dengan mendatangkan 2 penilai wasit (referee assessor) yang pernah menjadi wasit terbaik dunia.

© PSSI
Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha dan Sekretaris Jenderal Federasi Sepak bola Islandia (KSI) Klara Bjartmarz. Copyright: PSSISekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha dan Sekretaris Jenderal Federasi Sepak bola Islandia (KSI) Klara Bjartmarz.

Menurut sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria mengungkapkan bahwa kedua instruktur wasit itu adalah Michael Oliver asal Inggris, dan Toru Kamikawa dari Jepang. Kedua instruktur wasit itu direncanakan akan pada Februari 2018.

"Paling dekat, masalah wasit, referee assessor course kita akan datang. Reo Oliver dan Toru Kamikawa itu the best referee assessor course di seluruh dunia,” ujar Tisha, seperti dikutip dari Goal.

Ratu Tisha menambahkan, kedatangan dua mantan penilai wasit terbaik FIFA itu untuk membenahi kualitas wasit yang ada di Indonesia. Dari level provinsi sampai ke level nasional sudah terintegrasi dan akan di evaluasi oleh penilai wasit tersebut.

"Nanti pelaporan wasit akan terintegrasi dari level provinsi sampai nasional, yang keduanya area evaluasi untuk referee assessor,” beber Tisha.

11