Liga Inggris

Liverpool 2-1 Leicester: Salah Gemilang, The Reds Menang

Minggu, 31 Desember 2017 00:00 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Liverpool vs Leicester City. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandingan Liverpool vs Leicester City.

Babak Pertama

Liverpool harus mengawali laga ini dengan kesialan. Baru berjalan enam menit, Leicester sudah berhasil membobol gawang Loris Karius.

Berawal dari kerja sama yang apik antara Jamie Vardy dan Riyad Mahrez, umpan diagonal dilakukan oleh Mahrez usai mengecoh bek Liverpool, kemudian disambut oleh Vardy dan berbuah gol.

Setelah tertinggal satu gol, Liverpool coba menguasai permainan, akan tetapi solidnya pertahanan Leicester membuat serangan The Reds kerap kandas.

Peluang di dapat Salah pada menit ke-11. Salah lepas dari jebakan offside saat menerima umpan terobosan Milner. Akan tetapi, tendangannya berhasil diblok Maguire.

© INDOSPORT
Liverpool vs Leicester. Copyright: INDOSPORTLiverpool vs Leicester.

Salah kembali menjadi ancaman berbahaya bagi pertahanan Leicester. Pada menit ke-20, kerja sama apiknya dengan Firmino, Salah berhasil meninggalkan Fuchs yang menjaganya, dan melepaskan tembakan chip. Tetapi sayang tembakannya masih melebar.

Leicester nampaknya ingin mempertahankan hasil ini, mereka langsung bermain dengan taktik parkir bus. Pada menit ke-39, The Foxes coba keluar dari tekanan. Maguire maju jauh meninggalkan posnya mengisi peran Fuchs, tetapi umpna silangnya yang diblok Joe Gomez ternyata tidak menghasilkan sepakan sudut.

Liverpool terus coba membongkar pertahanan tim tamu. Namun, lagi-lagi trio Mane, Salah, dan Firmino tak bisa berbuat banyak. Hingga turun minum, skor 1-0 tak berubah.

Babak Kedua

Tuan rumah coba langsung berinisiatif melakukan serangan. Kembali sebuah sepak pojok yang didapatkan Liverpool gagal dimanfaatkan menjadi kesempatan mencetak gol, pada menit ke-50.

Akhirnya The Reds sukses menyamakan skor menjadi 1-1 melalui Mohamed Salah, pada menit ke-52. Salah berhasil mendahului Fuchs menerima umpan Mane, mengecoh Amartey sebelum melepaskan tembakan ke gawang Schmeichel.

Leicester nyaris menggandakan skor, melalui Ndidi pada menit ke-67. Memanfaatkan bola liar dari halauan lemparan ke dalam Fuchs, tendangan voli Ndidi masih melenceng tipis dari gawang Karius.

Upaya Liverpool membalikan keadaan, akhirnya berbuah hasil. Salah kembali mencetak gol keduanya di laga ini menit ke-76. Meski membelakangi gawang dan dijaga ketat Maguire, Salah berhasil lepas dari kawalan dengan gerakan memutar sebelum menempatkan bola ke sudut kiri bawah gawang Schmeichel.

Leicester coba membalas setelah tertinggal untuk pertama kalinya di pertandingan ini. Tetapi mereka kesulitan melewati barisan pertahanan tuan rumah, yang tampil solid selepas blunder di awal pertandingan.

15 menit jelang berakhirnya pertandingan,  Liverpool mulai menurunkan tempo serangan, agar bisa mengamankan tiga poin ini. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool tak berubah.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Liverpool

Karius; Gomez, Lovren, Matip, Robertson; Can, Milner; Coutinho (Klavan 89'), Mane (Chamberlain 72'), Salah (Wijnaldum 83'); Firmino.

Leicester City

Schmeichel; Amartey, Maguire, Morgan, Fuchs; Mahrez (Okazaki 73'), Iborra, Ndidi, Albrighton (James 83), Gray; Vardy (Slimani 74').

216