Liga Inggris

Ini Kiper Asia Tenggara Pertama yang Main di Kompetisi Inggris

Rabu, 3 Januari 2018 15:16 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Agus Dwi Witono
© Zimbio
Neil Etheridge. Copyright: © Zimbio
Neil Etheridge.

Kiper Timnas Filipina, Neil Etheridge berhasil mencetak sejarah di persepakbolaan profesional Inggris. Dirinya menjadi penjaga gawang pertama asal Asia Tenggara yang bermain di kompetisi kasta kedua Inggris, Championship.

Etheridge selalu menjadi pilihan utama Cardiff City di musim 2017/18 ini. Tercatat, dirinya telah mengaawal mistar gawang Cardiff sebanyak 25 kali sepanjang musim ini. 

Hebatnya, penjaga gawang berusia 27 tahun tersebut telah mencatatkan 10 clean sheets sepanjang musim 2017/18 bersama tim berjuluk The Bluebirds tersebut. Catatan tersebut terbilang cukup bagus bagi seorang penjaga gawang. Sebagai perbandingan, David de Gea menjadi peraih clean sheets terbanyak sebanyak 12 kali bersama Manchester United di Liga Primer Inggris musim ini.

Performa apiknya secara langsung ikut andil dalam membantu usaha Cardiff meraih tiket promosi ke Liga Primer Inggris musim depan. Saat ini, The Bluebirds tengah berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan perolehan 47 poin.

Etheridge sendiri merupakan pemain yang lahir di Enfield, London, Inggris. Namun, sang kiper memiliki darah Filipina dari sang Ibu. Meski sempat ambil bagian bersama Timnas Inggris U-16, Etheridge akhirnya lebih memilih untuk membela negara kelahiran ibunya.

© Wales Online
Etheridge Copyright: Wales OnlineEtheridge saat berseragam Cardiff.

Pada 2008, Etheridge pun mulai berseragam Timnas Filipina, serta turut ambil bagian dalam ajang Piala AFF 2010. Pada kompetisi nomor satu di Asia Tenggara tersebut, Etheridge mampu membawa Filipina untuk kali pertama lolos ke semifinal.

Namun, langkah Filipina harus terhenti ketika harus berhadapan dengan Timnas Indonesia. Etheridge sempat melakukan kesalahan fatal dalam mengantisipasi bola atas, hingga membuat gawangnya dibobol oleh Cristian Gonzales.

307