Liga Inggris

Liverpool 2-1 Everton: Van Dijk Jadi Penentu Kemenangan The Reds

Sabtu, 6 Januari 2018 04:59 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Virgil van Dijk usai merayan gol debutnya bersama Liverpool. Copyright: © Getty Images
Virgil van Dijk usai merayan gol debutnya bersama Liverpool.

Babak Pertama

Di awal babak pertama, kedua tim bergantian melakukan pelanggaran. Memasuki menit ke-12 Liverpool lebih dulu mengancam gawang Everton. Adalah Emre Can yang menciptakan peluang bagi Liverpool, namun tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih terlalu tinggi. Dua menit berselang giliran Sadio Mane yang melepaskan tembakan, namun tendangannya juga masih belum menemui sasaran. 

Menit ke-25, Liverpool kembali mengancam tim asuhan Sam Allardyce. Kali ini giliran James Milner. Mendapat sodoran bola dari Joseph Gomez, Milner melepaskan tendangan yang masih melebar dari gawang Everton. Tak ingin terus ditekan, Cuco Martina menciptakan peluang bagi Everton. Namun tendangan kaki kanannya masih tinggi dan melebar. 

Petaka bagi Everton datang di menit ke-34, sebuah pelanggaran dari Mason Holgate kepada Adam Lallana membuat wasit menunjuk titik putih. James Milner yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan peluang itu. Tendangan kaki kanannya meluncur deras ke gawang Everton dan merubah papan skor menjadi 1-0. 

5 menit jelang waktu normal berakhir, bek termahal dunia Virgil van Dijk yang mencatat debut di laga ini juga membuat sebuah peluang. Van Dijk melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti memanfaatkan umpan James Milner. Namun tendangannya tak membuahkan hasil. Skor tetap tak berubah hingga turun minum, 1-0 untuk keunggulan Liverpool atas Everton. 

© INDOSPORT
James Milner sedang merayakan golnya bersama rekan satu tim. Copyright: INDOSPORTJames Milner sedang merayakan golnya bersama rekan satu tim.

Babak Kedua

Usai turun minum kedua tim langsung berburu peluang. Joseph Gomez mendapat peluang melalui sundulan, namun sundulannya masih melebar. Satu menit berselang, peluang dari Adam Lallana juga terbuang sia-sia karena melebar. 

Di menit ke-67, suporter tuan rumah dikejutkan dengan gol dari Gylfi Sigurdsson. Pemain Timnas Islandia tersebut menyarangkan gol penyama kedudukan bagi Everton. Tendangan kaki kanannya dari luar kotak penalti meluncur ke pojok gawang Liverpool yang dijaga Karius. 

Usai gol dari Sigurdsson, kedua tim melakukan pergantian pemain untuk mencoba mengubah jalannya laga. Di menit ke-81 Roberto Firmino sempat membuat penonton menahan nafas, namun tendangannya tak menemui sasaran. 

Gol kemenangan Liverpool yang ditunggu-tunggu Liverpudlian akhirnya datang di menit ke-84. Adalah pemain baru The Reds yang baru mencatat debut di laga ini, Virgil van Dijk menjadi penentu kemenangan Liverpool atas Everton. Sepak pojok dari Oxlade-Chamberlain ditanduk bek termahal dunia tersebut ke gawang yang kosong karena Pickford yang salah mengantisipasi dan sudah meninggalkan sarangnya. 

Dengan kemenangan ini, Liverpool melaju ke babak keempat Piala FA. 

Berikut ini susunan pemain kedua tim.

Liverpool 4-2-3-1 

Karius; Gomez, Matip, van Dijk, Robertson; Milner, Can; Oxlade-Chamberlain, Lallana, Mane; Firmino.

Everton 4-3-3

Pickford; Kenny, Martina, Holgate, Jagielka; Schneiderlin, McCarthy, Rooney; Bolasie, Sigurdsson, Calvert-Lewin.

350