Liga Indonesia

Rekap Rumor Transfer Nasional: Nainggolan Segera Tiba di Semarang, Andik Diincar MU

Sabtu, 6 Januari 2018 17:22 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© INDOSPORT
Hamka Hamzah, Samuel Nainggolan, dan Andik Vermansah. Copyright: © INDOSPORT
Hamka Hamzah, Samuel Nainggolan, dan Andik Vermansah.

Proses perpindahan pemain sepakbola di kancah nasional masih terus bergeliat. Sejumlah klub memang sudah menyelesaikan perekrutan pemain baru. Tapi masih banyak yang belum melengkapi skuatnya untuk berlaga di musim baru.

Sejumlah nama andal kini menjadi incaran beberapa klub sekaligus. Seperti yang dialami Andik Vermansah. Status kepindahannya ke Persebaya yang terkesan rumit membuat sejumlah klub lain mulai ancang-ancang untuk mendapatkan eks penggawa Selangor FA ini.

Tak hanya pemain lokal, sejumlah pemain asing pun masih terus diburu oleh klub-klub Liga 1 yang memang belum memenuhi kuota yang dimiliki. PSIS yang akan melakoni musim pertamanya di Liga 1, telah melakukan seleksi beberapa pemain asing.

Di antaranya adalah asing asal Serbia, Petar Planic. Pemain asing yang berposisi sebagai bek ini akan menjalani sejumlah tes bersama PSIS dalam beberapa laga uji coba. Selain Planic, tim Mahesa Jenar juga akan kedatangan pemain Australia berdarah Indonesia, Samuel Nainggolan.

Hamka Hamzah

Bek tengah senior Hamka Hamzah dipastikan tidak lagi berkostum PSM Makassar di Liga 1 musim depan. Eks penggawa Arema Malang ini telah mengucapkan selamat tinggal melalui akun Instagram pribadinya.

© Instagram@Hamkahamzah23
Kapten PSM Makassar, Hamka Hamzah. Copyright: Instagram@Hamkahamzah23Kapten PSM Makassar, Hamka Hamzah.

Hamka mengunggah sebuah video yang berisikan ucapan perpisahan dirinya dengan tim berjuluk Juku Eja tersebut. Dalam unggahan tersebut, Hamka mengucapkan banyak terima kasih kepada para pemain, staf, pelatih, hingga suporter PSM yang telah menjadi bagian hidupnya dalam satu tahun terakhir.

Belum diketahui pasti klub yang akan dibela mantan penggawa Timnas Indonesia itu di musim baru nanti. Namun, selentingan kabar yang beredar menyebutkan jika Hamka akan segera merapat ke Madura United yang memang masih butuh tambahan pasukan anyar.

PSIS Semarang

PSIS Semarang dikabarkan tengah menyeleksi pemain asing asal Serbia, Petar Planic. Pemain yang berposisi sebagai bek tersebut rencananya akan dimainkan ketika uji coba melawan Arema FC di Stadion Moch Soebroto Magelang.

Dari catatan yang didapatkan INDOSPORT, pemain kelahiran 16 Maret 1989 tersebut lebih banyak bermain di Liga Serbia dan belum pernah bermain di Indonesia. Jika performanya sesuai yang diharapkan maka ia baru bisa menandatangani kontrak bersama tim kebanggaan warga Semarang tersebut.

© Dokumen Pribadi Evan Burns
Samuel Nainggolan dan Agennya berangkat ke Indonesia Copyright: Dokumen Pribadi Evan BurnsSamuel Nainggolan dan Agennya berangkat ke Indonesia

Tak hanya itu, PSIS juga telah mengkonfirmasi kedatangan pemain keturunan Indonesia, Samuel Nainggolan. Agen Naingggolan, Evan Burns, pun mengkonfirmasi bahwa Samuel akan tiba di Indonesia pada Sabtu (06/01/18) ini dan akan langsung ikut berlatih bersama PSIS pada Minggu (07/01/18).

General Manager PSIS Semarang, Wahyu Winarto mengungkapkan bahwa Samuel merupakan salah satu dari tiga pemain asing yang akan bergabung dengan PSIS. Seperti pemain lainnya, Samuel juga akan menjalani seleksi terlebih dahulu sebelum diresmikan sebagai pemain anyar PSIS.

Andik Vermansah

Proses bergabungnya Andik Vermansah dengan Persebaya ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Meski sudah resmi meninggalkan Selangor FA, Andik tidak bisa begitu saja bergabung dengan klub yang sudah membesarkannya itu.

Melihat kondisi tersebut, Madura United pun melakukan ancang-ancang untuk mendatangkan winger Timnas Indonesia itu. Hal ini diungkapkan langsung oleh manajer MU, Haruna Soemitro.

© Instagram@Andik Vermansah
Andik Vermansah Copyright: Instagram@Andik VermansahAndik Vermansah

Menurut Haruna, pintu bagi Andik akan terbuka lebar-lebar. Karena kualitas yang dimiliki Andik memang sangat dibutuhkan Madura United. Apabila Persebaya tak kunjung menyelesaikan polemik ini, MU siap menyeberangkan Andik ke pulau Madura.

Tak hanya MU, Bali United pun disebut-sebut masuk dalam daftar antrean untuk mendapatkan tanda tangan Andik. Bahkan tak menutup kemungkinan jika Andik akan kembali terbang ke luar negeri lagi jika polemik transfernya dengan Persebaya tak kunjung selesai.

Aceh United

Demi target promosi ke Liga 1, Aceh United pun terus memperkuat pasukan yang dimiliki. Tak tanggung-tanggung, setidaknya ada 13 pemain baru yang direkrut untuk mengarungi Liga 2 2018. Mereka semua berpengalaman tampil di kancah Liga 1 maupun Liga 2.

© Tribunnews
Aceh United Copyright: TribunnewsAceh United

Ke-13 pemain tersebut yakni Syahrizal (Celebes FC), Reza Falevi (Bali United), Zikri Akbar (Mitra Kukar), Busairi (Borneo FC), Brian Muharram (Persikad Depok), Zulfadly, Ferry Komol (Persiraja), Defri Riski (PSPS ), Wahyudi (Kepri). Selain itu juga tercatat ada Aulia Hidayat (Borneo FC), Mursal (PSMS Medan), Hendra Budi Gunawan (Persiba), Syakir Sulaiman (Bali United).

Jumlah ini masih berpeluang terus bertambah ketika pelatih Simon Pablo Elissetche sudah bergabung dengan tim pada 15 Januari nanti. Karena manajemen Aceh United masih membuka peluang untuk menambah pemain jika pelatih memang membutuhkannya.

702