Bola Internasional

Gabung Barca, Klausul Pelepasan Coutinho Kalah dari Bintang-bintang Ini

Minggu, 7 Januari 2018 15:26 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Setelah melalui negosiasi yang terbilang cukup alot, akhirnya Barcelona resmi mendapatkan bintang asal Brasil, Philippe Coutinho dari Liverpool.

Nama Coutinho sebenarnya sudah sering dikait-kaitkan dengan Camp Nou, sejak musim panas lalu. Namun, penawaran yang kurang memuaskan, membuat Liverpool menolaknya. Barcelona bahkan sempat menerima tiga kali penolakan dari Liverpool soal harga transfer Coutinho.

Namun, akhirnya pemain asal Brasil itu menuntaskan saga transfernya ke Barcelona, dengan nilai 142 juta pounds atau setara Rp2,5 triliun pada Minggu (07/01/18). Nilai ini menjadikannya sebagai pemain termahal kedua di dunia.

 

👋 @phil.coutinho Bem-vindo! Welcome! Benvingut! ¡Bienvenido! 🔵🔴 #BeBarça #ForçaBarça — #FCBarcelona #igersFCB #Barça #Coutinho

A post shared by FC Barcelona (@fcbarcelona) on

Selain diberikan kontrak jangka panjang, hingga 2023, Coutinho juga akan dipagari dengan klausul pelepasan mencapai 355 juta pounds setara Rp6,46 triliun.

Rupanya, meski menjadi pemain termahal kedua di dunia, klausul pelepasan pemain berusia 25 tahun itu hanya menempati peringkat paling bawah dalam daftar 10 besar harga pelepasan termahal bintang-bintang sepakbola dunia.

Mega bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menjadi pemain dengan klausul pelepasan termahal di dunia. Nilainya yang mencapai 886 juta pounds setara Rp16 triliun. 

Nominal tersebut membuat Ronaldo sedikit frustrasi. Lantaran harganya yang dianggap tak masuk akal, maka dirinya akan sulit berganti klub jika ingin hengkang dari Madrid. 

© INDOSPORT
Cristiano Ronaldo. Copyright: INDOSPORTCristiano Ronaldo.

Bahkan, pemain asal Portugal itu sampai rela meminta kepada manajemen El Rela untuk menurunkan klausul pelepasan menjadi 87 juta pounds (Rp1,6 triliun) saja.

Sementara rival Ronaldo, Lionel Messi berada diurutan ke-3 dengan nilai klausul pelepasan sebesar 626 juta pounds (Rp11,3 triliun). 

Hal yang menarik, dari daftar 10 besar tersebut, dominasi pemain-pemain Real Madrid sangat terlihat. Hal ini sangat wajar, mengingat presiden Los Blancos, Florentino Perez memiliki kebiasaan untuk membuat bintang-bintangnya tidak mudah direbut tim lain.

Lebih mengejutkan lagi ketika tak ada nama megabintang Paris Saint-Germain, Neymar yang menjadi pemain termahal di dunia saat pindah dari Barca ke PSG, dengan nilai 200 juta pounds setara Rp3,6 triliun dalam daftar tersebut. 

Berikut daftar 10 besar klausul pelepasan termahal di dunia:

No Nama Tim Nilai Klausul Pelepasan
1 Cristiano Ronaldo Real Madrid 886 juta pounds (Rp16,1 triliun)
2 Karim Benzema Real Madrid 886 juta pounds (Rp16,1 triliun)
3 Lionel Messi Barcelona 626 juta pounds (Rp11,3 triliun)
4 Isco Real Madrid 620 juta pounds (Rp11,2 triliun)
5 Marco Asensio Real Madrid 620 juta pounds (Rp11,2 triliun)
6 Gareth Bale Real Madrid 443 juta pounds (Rp8 triliun)
7 Luka Modric Real Madrid 443 juta pounds (Rp8 triliun)
8 Toni Kroos Real Madrid 443 juta pounds (Rp8 triliun)
9 Dani Ceballos Real Madrid 443 juta pounds (Rp8 triliun)
10 Philippe Coutinho Barcelona 355 juta pounds (Rp6,4 triliun)
92