Bola Internasional

Chile Bajak Pelatih Klub Brasil untuk Latih Alexis Dkk

Rabu, 10 Januari 2018 00:45 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Reinaldo Rueda pelatih baru Timnas Chile. Copyright: © Getty Images
Reinaldo Rueda pelatih baru Timnas Chile.

Timnas Chile akhirnya resmi menunjuk pelatih klub Brasil Flamengo Reinaldo Rueda sebagai pelatih baru. Reinaldo Rueda mengisi kursi Juan Antonio Pizzi yang dipecat usai gagal mengantar Chile lolos ke Piala Dunia 2018. 

Reinaldo Rueda sebenarnya masih memiliki kontrak di Flamengo hingga Desember 2018 mendatang. Namun Reinaldo Rueda akhirnya memilih untuk menangani tim berjuluk La Roja tersebut. Lewat sebuah postingan di akun Twitter-nya Reinaldo menyampaikan hal tersebut. 

"Saya memutuskan untuk meninggalkan jabatan saya sebagai pelatih kepala atas keputusan pribadi dan kesempatan untuk menjalani tantangan baru. Sangat sulit untuk mengambil keputusan ini karena rasa hormat saya kepada Flamengo dan rasa cinta yang saya terima dari semua orang sejak kedatangan saya," tulis Reinaldo Rueda. 

Rueda diberikan tugas oleh Federasi Sepakbola Chile (ANFP) untuk menangani Arturo Vidal dkk dalam mengarungi kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar. 

"Namun jika Chile berhasil lolos ke Piala Dunia 2022, maka secara otomatis kontrak akan diperpanjang hingga usainya gelaran Piala Dunia 2022 Qatar." 

Dilansir dari ESPN, Presiden Federasi Sepakbola Chile Arturo Salah menyampaikan: "Kami membutuhkan waktu untuk menemukan pelatih terbaik bagi tim kami. Seorang pelatih dengan pengalaman melatih Timnas, pelatih yang pernah mengarungi Piala Dunia dan punya karier yang bagus." 

© INDOSPORT
Reinaldo Rueda pelatih baru Timnas Chile. Copyright: INDOSPORTReinaldo Rueda pelatih baru Timnas Chile.

Pelatih berkebangsaan Kolombia Reinaldo Rueda yang kini berusia 60 tahun sebelumnya memang sukses membawa anak asuhnya ke dua Piala Dunia terakhir. Rueda melatih Timnas Honduras di Piala Dunia 2010, dan melatih Ekuador di Piala Dunia 2014. 

2