Liga Spanyol

Bandingkan dengan Barcelona, Xavi Hernandez Kritik Gaya Main Real Madrid

Rabu, 10 Januari 2018 13:27 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Legenda hidup Barcelona, Xavi Hernandez, menyindir gaya permainan yang diperlihatkan Real Madrid. Pemain yang kini berkarier di Qatar tersebut menjelaskan bahwa Los Blancos tidak memiliki budaya sepakbola yang indah seperti Barcelona.

Mantan pemain Timnas Spanyol itu juga menegaskan bahwa tidak semua pesepakbola bisa bermain untuk Barcelona. Pasalnya, Barcelona merupakan klub paling sulit dan memiliki tuntutan yang begitu berat.

Xavi membandingkan permainan Barcelona dengan Real Madrid yang saat itu masih ditukangi Jose Mourinho. Dirinya menjelaskan bahwa Los Galacticos hanya memanfaatkan serangan balik dan jarang sekali memainkan bola di kaki.

“Barcelona adalah klub tersulit dunia. Inilah ujian sesungguhnya bagi para pemain,” tutur Xavi seperti dikutip Soccerway.

© INDOSPORT
Skuat Barcelona jelang melawan Levante di La Liga pekan ke-18. Copyright: INDOSPORTSkuat Barcelona jelang melawan Levante di La Liga pekan ke-18.

“Di Santiago Bernabeu, jika seorang bek menendang bola ke arah tribun disambut dengan  tepuk tangan dari fans. Namun di Camp Nou jika Anda melakukan hal yang sama penonton akan bereaksi negatif, gerutuan dan cacian akan didapat. Itu sudah terjadi sejak era Johan Cruyff,” tambah Xavi.

Xavi juga melayangkan kritikkan kepada para pemain muda yang ada di Real Madrid. Dia menyebutkan bahwa banyak pemain yang menghilang ketika menjadi bagian di skuat Real Madrid.

© TOTAL SPORTEK
Barcelona ketika melawan Real Madrid Copyright: TOTAL SPORTEKBarcelona ketika melawan Real Madrid

“Banyak pemain yang coba menunjukkan kemampuan lalu menghilang begitu saja. Berbeda dengan Lionel Messi. Dia tidak pernah mencari perhatian dengan bola, tetapi memang ingin membunuh lawan,” tambahnya.

43