Liga Spanyol

Barcelona 5-0 Celta Vigo: Blaugrana ke Perempatfinal

Jumat, 12 Januari 2018 05:33 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter Barcelona
Selebrasi pemain Barcelona yang berhasil mengalahkan Celta Vigo. Copyright: © Twitter Barcelona
Selebrasi pemain Barcelona yang berhasil mengalahkan Celta Vigo.

Babak Pertama

Tampil di hadapan pendukung sendiri yang memenuhi Camp Nou, Barcelona langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan Celta Vigo. Hasilnya, di menit ke-13, La Blaugrana sukses membuka keunggulannya.

Menerima umpan silang mendatar dari Jordi Alba, Lionel Messi sukses melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak mampu dihalau dengan baik oleh kiper Vigo. Barcelona pun sementara unggul dengan skor 1-0.

Dua menit berselang, Messi kembali sukses mencatatkan namanya di papan skor. Hampir sama dengan golnya yang pertama, Messi kembali melepaskan tendangan kaki kiri usai menerima umpan dari Jordi Alba di kotak penalti. Skor 2-0, Barcelona semakin unggul atas Celta Vigo.

Tidak ingin hanya menjadi pemberi assists, Jordi Alba akhirnya mampu menyusul Messi menyarangkan bola ke gawang Celta Vigo. Berawal dari Messi yang dengan cerdik memberi umpan jauh, Alba dengan sigap berlari mengejar bola dan menyambutnya dengan sepakan keras yang memaksa kiper Vigo kembali memungut bola dari gawangnya. Skor 3-0, Barcelona semakin tidak terkejar.

Sudah unggul tiga gol dari tim tamu tidak membuat Barcelona mengendorkan serangannya. Hingga akhirnya di menit ke-31, publik Camp Nou kembali dibuat bersorak. Berawal dari situasi kemelut di kotak penalti Vigo, Luis Suarez yang lolos dari jebakan offside mampu melepaskan tembakan yang langsung menembus gawang Vigo. Skor 4-0 untuk keunggulan Barcelona pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Sekembalinya dari ruang ganti, Barcelona mengawalinya dengan melakukan pergantian pemain. Thomas Vermaelen ditunjuk Ernesto Valverde untuk menggantikan Gerard Pique.

Sama seperti babak pertama, Barcelona tampil mendominasi dengan serangan beruntunnya. Alhasil, para pemain Celta Vigo mau tidak mau dibuat lebih banyak bermain di wilayahnya sendiri.

Melihat lawan yang seolah kehilangan semangat untuk membalas serangan, Valverde memutuskan untuk menarik mundur dua bintangnya, yakni Messi dan Iniesta. Mereka digantikan oleh Dembele dan Jose Arnaiz.

Tiga menit jelang berakhirnya waktu normal pertandingan, Barcelona menambah pundi-pundi golnya ke gawang Celta Vigo. Kali ini, giliran Ivan Rakitic yang mampu membobol gawang lawan, setelah sundulannya yang berawal dari umpan Dembele tidak mampu diantisipasi kiper Vigo. Skor 5-0 untuk keunggulan Barcelona atas Celta Vigo pun menutup rangkaian pertandingan.

Dengan hasil ini, Barcelona berhak menerima satu tiket ke perempatfinal Copa del Rey 2017/18 dengan agregat 6-1.

Susunan Pemain Kedua Kesebelasan:

Barcelona (4-3-3): Cillessen; Semedo, Pique, Mascherano, Alba; Rakitic, Gomes, Busquets; Iniesta, Suarez, Messi.
Pelatih: Ernesto Valverde.

Celta Vigo (4-4-2): Alvarez, Mallo, Sergi Gomez, Fontas, Jonny; Wass, Sanchez, Lobotka, Sisto; Aspas, Mor.
Pelatih: Juan Carlos.

22