Liga Spanyol

Tumbangkan Celta, Valverde Samai Rekor Guardiola di Barcelona

  • Barcelona berhasil melanjutkan trens positifnya setelah menumbangkan Celta Vigo dengan skor 5-0 di ajang Copa del Rey, Jumat (12/01/18) dini hari WIB.
  • pelatih Ernesto Valverde berhasil menyamai rekor Josep ‘Pep’ Guardiola dengan tidak terkalahkan selama 28 pertandingan secara beruntun di semua kompetisi.
  • Tercatat, Valverde berhasil mencatatkan 22 kemenangan dan enam kali hasil imbang sejak awal musim 2017/18 ini.
Jumat, 12 Januari 2018 09:45 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Barcelona berhasil melanjutkan trens positifnya setelah menumbangkan Celta Vigo dengan skor 5-0 di ajang Copa del Rey, Jumat (12/01/18) dini hari WIB. Hasil ini pun membuat tim berjuluk Blaugrana tersebut berhak lolos ke babak perempatfinal dengan agregat 6-1 atas Celta Vigo.

Kemenangan ini pun membuat pelatih Ernesto Valverde mencatatkan rekor yang cukup fantastis. Bahkan, dirinya berhasil menyamai rekor Josep ‘Pep’ Guardiola dengan tidak terkalahkan selama 28 pertandingan secara beruntun di semua kompetisi.

Tercatat, Valverde berhasil mencatatkan 22 kemenangan dan enam kali hasil imbang sejak awal musim 2017/18 ini. Keberhasilan ini pun sekaligus menjawab keraguan banyak publik tentang kinerja mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut. Pasalnya, banyak yang menilai bahwa Valverde bukan orang yang tepat untuk menukangi Barcelona.

Pendukung Barcelona sempat ragu setelah Valverde gagal memberikan kemenangan saat menghadapi Real Madrid di Piala Super Spanyol. Parahnya, Valverde kalah dua kali atas rival abadinya tersebut. Pada leg pertama, Barcelona tunduk 1-3, dan di pertemuan kedua mereka menyerah 0-2.

©
Caption Copyright: Pep Guardiola.

Namun, kini dirinya berhasil menunjukkan kinerja apiknya bersama Blaugarana dengan rekor fantastisnya. Dengan rekor 28 kali tak terkalahakan, Valverde pun berpotensi melewati rekor Guardiola. Pelatih yang kini menjadi juru taktik Manchester City tersebut telah mengantongi 23 kemenangan dan lima hasil imbang dari 28 pertandingannya pada musim 2010/11 silam.

Valverde hanya butuh satu pertandingan lagi untuk melampaui rekor yang dicatatkan Guardiola tersebut. Dengan catatan, Valverde tidak diperbolehkan tumbang di laga selanjutnya kontra Real Sociedad di jornada ke-19 La Liga Spanyol.

© NurPhoto/GettyImages
Pelatih Barcelona, Luis Enrique. Copyright: NurPhoto/GettyImagesPelatih Barcelona, Luis Enrique.

Raihan 28 kali memenangkan pertandingan secara beruntun itu membuat Valverde dan Guardiola berada di posisi kedua dalam sejarah Barcelona. Keduanya masih kalah dengan torehan 39 pertandingan tanpa terkalahkan milik Luis Enrique pada musim 2015/16 lalu.