Liga Indonesia

Incar Penggawa Timnas U-19, Semen Padang Masih 'Digantung'

Sabtu, 13 Januari 2018 11:21 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Gelandang Timnas U-19, Muhammad Iqbal. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Gelandang Timnas U-19, Muhammad Iqbal.

Untuk mempersiapkan tim jelang Liga 2 Indonesia musim depan, Semen Padang FC ternyata sudah lama mengincar tanda tangan salah seorang punggawa Timnas U-19 Indonesia asli Sumbar, M Iqbal. Namun demikian, belum adanya kepastian dari gelandang yang menggunakan nomor punggung enam di Piala AFF U-19 lalu tersebut membuat manajemen akhirnya memilih untuk mendiamkannya.

Usaha manajemen untuk mendatangkan, M Iqbal dikatakan Manajer Semen Padang, Win Bernardino sudah cukup lama dilakukan.

"Mengenai Iqbal, kita terpaksa ambil sikap mendiamkannya. Kami tidak mau mengeksposnya," kata Win mengawali pembicaraan dengan INDOSPORT, Jumat (12/01/18) malam.

Win mengaku, manajemen sudah pernah mendapatkan persetujuan kedua orang tua Iqbal ketika mereka menyambangniya dan bersilahturahmi ke rumah orang tuanya di Padang Pariaman setelah Timnas U-19 libur pasca tampil bermain di Piala AFF U-19 di Myanmar tahun lalu.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
M. Iqbal, berfoto bersama Manajer Semen Padang Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTM. Iqbal, berfoto bersama Manajer Semen Padang

"Ya, waktu itu Iqbal libur dan pulang ke Padang Pariaman, habis kita menyambangi dan bersilahturahmi dengan dia ke rumah orang tuanya. Dalam bincang-bincang dengan Iqbal dan orang tuanya, mereka setuju bakal bergabung untuk Semen Padang. Sebelum kita (SPFC) terdegradasi di akhir musim 2017," terang pria berkaca mata itu kala berbincang dengan media ini.

Karena itu, Iqbal langsung diproyeksikan untuk bisa menjadi bagian Semen Padang FC saat kembali memulai program persiapan tim menghadapi Liga 2 Indonesia 2018.

"Sebelum ikut Piala Walikota Padang, dia kita hubungi lagi tapi katanya ingin menyelesaikan sekolahnya yang sekarang kelas 3 dan akan tamat pertengahn tahun 2018. Terakhir kita coba lagi dekati jelang tim pelatih mau mengumpulkan pemain untuk persiapan Liga 2. Bilangnya mau masuk polisi setelah tamat nanti," sambung Win.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
M. Iqbal, saat berlatih bersama Timnas U-19 Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTM. Iqbal, saat berlatih bersama Timnas U-19

Iqbal merupakan pemain binaan PPLP Sumbar yang menjadi starter Timnas U-19 di Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan. Pemain kelahiran 27 Oktober 2000 ini pulang ke Padang setelah Timnas U-19 menyelesaikan seluruh agenda tahun 2017.

Selanjutnya dia dan rekan-rekan menanti panggilan kembali untuk diterjunkan pada gelaran Piala  AFF U 18 pada bulan Juli 2018 dan Piala Asia U-19, 18 Oktober - 4 November 2018. Dimana Timnas U-19 menjadi tuan rumah.

© Juara.net
Manajer Semen Padang, Win Bernardino. Copyright: Juara.netManajer Semen Padang, Win Bernardino.

Ditengah penantian, Iqbal kembali ke bangku sekolah. Sebaliknya rekan-rekan Iqbal direkrut klub-klub profesional kontestan Liga 1 dan Liga 2 2018, seperti Firza Andika (PSMS Medan), Samuel Cristianson Sitanggang, Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC), Hanis Saghara, Feby Eka Putra (Bali United FC), Muhammad Lutfhi Kamal, M. Rafli  Mursalim (Mitra Kukar) serta Dedi Tri Maulana (PSS Sleman).

"Sudah ada inisiatif mau mendatanginya tapi dijawab biar dia (Iqbal) yang datang kesini menemui manajemen.  Sebenarnya, kalau Iqbal mau sudah kita siapkan kontrak. Kita pun akan melepasnya jika Timnas membutuhkan. Makanya sekarang soal Iqbal ini, kita diam kan dulu. Tanpa Iqbal, kita sudah punya 23 pemain yang jadi prioritas materi utama tim musim ini," tutup Win.

42